Persiapan Vihara Menjelang Imlek 2571

Vihara Satya Dharma, Benoa. (foto Eka)

INFODENPASAR.ID, Denpasar – Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2571 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2020, beberapa vihara telah memulai sejumlah persiapan untuk menyambut tahun tikus logam ini.

Salah satunya Vihara Satya Dharma, Benoa yang telah melakukan persiapan. Persiapan tersebut berupa pembersihan areal vihara pemasangan lampion dan pengecatan pada patung Dewa. Ibadah Imlek pada Vihara Satya Dharma dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 24 dan 25 Januari 2020. 

Menurut penuturan Kadek seorang admin Vihara Satya Darma (21/1) diperkirakan jumlah kunjungan ibadah saat Imlek nanti akan meningkat dibanding tahun lalu. “Tahun lalu mencapai ribuan orang dan tahun ini kemungkinan akan melebihi” ujarnya. “Nanti kita juga akan mengadakan tari api dan barongsai pada tanggal 25 sore,” tutur Kadek.

Sementara untuk keamanan Vihara Satya Dharma berkoordinasi kepada Banjar Pesanggaran dan Polres Benoa. Selain itu Vihara Satya Darma juga menyiapkan beberapa unit sepeda motor yang nantinya akan diundi pada perayaan Cap Go Meh pada bulan Februari.

Vihara Kuta

Vihara lainnya yaitu Vihara Dharmayana Kuta juga telah melakukan persiapan sejak tanggal 18 Januari 2020. “Persiapan kita sudah mulai dari 6 hari sebelum Imlek, ya berupa kerja bakti membersihkan areal Vihara dan patung Dewa” jelas wakil ketua vihara Dharmayana Kuta Bapak Luwih Beratha(21/1). 

Ibadah Imlek pada Vihara Dharmayana Kuta juga dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 24 dan 25 Januari 2020. “Kalau masalah keamanan kami sudah bekerjasama bersama pecalang dan kepolisian” ujar Bapak Luwih Beratha. Selain itu Vihara Dharmayana Kuta juga mempersiapkan barongsai yang nantinya akan digunakan saat pawai mengelilingi wilayah sekitar Vihara pada tanggal 24 Januari 2020, pukul 5 sore.

Vihara Satya Darma, Kuta. (foto Eka).

Oleh : Eka

Editor : iwan darmawan