56 Kios Pakaian di Pasar Mengwi Ludes Terbakar

Polisi melakukan identifikasi penyebab kebakaran Pasar Mengwi di Badung, Bali, Selasa (29/11/2022) malam. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym

INFODENPASAR, Badung – Sebanyak 56 kios pakaian di lantai dua Pasar Tradisional Adat Mengwi, Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (29/11/2022) malam, ludes terbakar, sehingga menyebabkan kerugian material sebesar Rp4 miliar.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Polres Badung Inspektur Polisi Satu Ketut Sudana dalam keterangan yang diterima di Denpasar, Bali, Rabu, mengatakan kebakaran yang terjadi pada Selasa pukul 20.20 WITA tersebut berawal dari sebuah kios di lantai dua pasar tersebut.

Hingga kini, Polres Badung sedang menyelidiki penyebab utama kebakaran tersebut dengan mengerahkan tim Inafis. “Belum diketahui secara pasti, tim masih melakukan penyelidikan di lapangan,” kata Sudana.

Salah seorang saksi mata I Nyoman Budi menjelaskan kebakaran tersebut bermula saat dia sedang membereskan meja dagangan menuju lantai dua. Saat itu, dia mendengar suara letupan dan setelah itu melihat kobaran api dari salah satu kios.

Saksi yang melihat kejadian tersebut mencoba untuk memadamkan api, namun usahanya tidak berhasil karena api sudah membesar. Saksi pun berteriak minta tolong kepada orang-orang di sekitar yang didengar oleh saksi yang lain yang sedang berjualan bakso dan mie ayam.

Dia pun memberitahukan hal tersebut kepada Pecalang dan selanjutnya menghubungi pemadam kebakaran. Selang beberapa saat, dua unit pemadam kebakaran dan Patroli Polsek Mengwi tiba di lokasi kejadian.

Menurut keterangan Kasi Humas Polres Badung Iptu Ketut Sudana, paling tidak ada 12 unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Kabupaten Badung dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.

Api kemudian dapat dipadamkan oleh pemadam kebakaran sekira pukul 21.20 WITA oleh petugas dari 12 pos Damkar yang dikerahkan antara lain, 2 dari Pos Mengwi, 2 dari pos Puspem, 2 dari pos Abiansemal, 1 dari pos Petang, 2 dari Mako Induk, 2 dari pos Dalung, dan 1 dari pos Kunti.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Edy M Yakub

Kantor Berita ANTARA