Angkutan Bus Listrik di Bali Resmi Diuji Coba

Angkutan Shuttle Bus Listrik di Kawasan Kota Denpasar Resmi Diuji Coba (Istimewa)

INFODENPASAR.ID, Bali – Dalam pelaksanaan tugas sebagai perusahaan berplat merah yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa layanan angkutan yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan, Perum PPD terus berupaya memberikan kontribusi dengan pelaksanaan penugasan layanan angkutan KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) di Provinsi Bali dengan harapan nantinya juga dapat mengangkat kawasan-kawasan pariwisata lainnya di Indonesia.

Direktur Utama Perum PPD mengatakan dengan adanya bus KSPN ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam pemulihan dan meningkatkan Kembali pariwisata di Provinsi Bali dan mengembalikan ekonomi di Provinsi Bali.

Selain itu pengadaan bus ini sendiri dalam rangka pengurangan polusi udara yang disebabkan penggunaan transportasi pribadi. Serta bus ini dapat menjadi alternatif untuk wisatawan lokal dan mancanegara untuk memakai transportasi umum saat bepergian.

Perum PPD mulai uji coba bus KSPN di Bali pada Jumat (06/11/2020) ini akan beroprasi melayani 5 trayek pariwisata, diantaranya :

  • Trayek 1 : Bandara I Gusti Ngurah Rai – Central Park Kuta – Ubung – Mengwi – Bedugul – Singaraja;
  • Trayek 2 : Bandara I Gusti Ngurah Rai – Sanur – Ubud – Kintamani – Singaraja;
  • Trayek 3 : Singaraja – Menjangan – Taman Nasional Bali Barat;
  • Trayek 4 : Bandara I Gusti Ngurah Rai – Goa Lawah – Padangbai – Manggis – Amuk – Amed;
  • Trayek 5 : Bandara I Gusti Ngurah Rai – Sanur – Klungkung – Besakih.

Tidak seperti bus atau angkutan umum lainnya, bus ini hanya berhenti pada titik-titik tertentu dan tidak menaik-turunkan penumpang selain di tempat yang telah disediakan.

Perum PPD bersama dengan perusahaan bus listrik BYD dan dengan disusul Perusda Bali yang juga menggandeng PT Inka Persero membuat gebrakan dengan melakukan MOU tentang pengoprasian Busk Listrik di Provinsi Bali yang ditandatangani pada hari Jumat, 6 November 2020.

Penandatanganan MOU ini ditandai dengan uji coba pengoprasian Bus Listrik yang rencananya akan beroprasi sementara waktu di wilayah kota Denpasar.

“Dimana Bali harus memikirkan untuk Bali Bersih salah satunya menghirup udara bersih sehingga masyarakat Bali sehat”, ujar Gubernur Bali, Wayan Koster.

Humas Perum PPD

TIM INFODENPASAR.ID