ANOC Rilis Empat Cabang Olahraga Tambahan di World Beach Games 2023

Peselancar asal Brazil Italo Ferreira beraksi menaklukkan ombak Pantai Plengkung (G-Land) di TN Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (28/5/2022). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/rwa. (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA)

INFODENPASAR, Jakarta – Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) pada Kamis merilis daftar empat cabang olahraga tambahan yang akan dipertandingkan dalam World Beach Games 2023 di Bali.

Bola basket 3×3, AirBadminton, rowing, dan selancar (longboard dan shortboard) masuk dalam daftar pertandingan tambahan dalam multiajang olahraga air dan pantai sedunia itu.

Bola basket 3×3 sebelumnya sudah pernah dimainkan di ANOC World Beach Games edisi pertama di Qatar pada 2019, sementara AirBadminton, rowing dan selancar air baru akan melakukan debutnya dalam penyelenggaraan edisi kedua nanti di Bali.



Sementara itu, 10 cabang olahraga lain yang juga akan dimainkan di Bali adalah renang perairan terbuka 5km, polo air pantai, sepak bola pantai, bola tangan pantai, karate kata perseorangan, tenis pantai, aquathlon, voli pantai, selancar layang, dan gulat pantai.

Adapun empat cabang olahraga tambahan itu ditentukan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bersama ANOC berdasarkan prinsip dan komitmen mereka terhadap inklusivitas serta menjangkau generasi muda.

Empat cabang olahraga tersebut juga dinilai terbukti sangat populer di kalangan atlet dan para penggemar.



“Satu tahun lagi menuju ANOC World Beach Games Bali 2023, kami senang akhirnya dapat mengonfirmasi seluruh program olahraga dan memberikan kepastian kepada NOC dan atlet kami di seluruh dunia terkait apa yang akan direncanakan untuk tahun depan,” kata Sekretaris Jenderal ANOC Gunilla Lindberg dalam pernyataan tertulis, Kamis (04/08/2022).

“Kami sangat senang dengan program kami yang menggabungkan disiplin ilmu modern dengan melibatkan atlet baru dan generasi penggemar baru. Kami tidak ragu bahwa Bali akan menggelar pertandingan yang tak terlupakan yang menampilkan olahraga pantai dan air terbaik yang menyenangkan.”

Sementara itu, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa Bali terus mempersiapkan diri untuk menggelar multievent dua tahunan itu, yang akan diikuti oleh lebih dari 1.500 atlet dari lebih dari 100 negara, dan dihadiri 205 NOC serta para petinggi organisasi olahraga, di antaranya Presiden ANOC Robin Mitchel, Presiden Badan Anti-Doping Dunia WADA Witold Banka hingga Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

“Komite Olimpiade Indonesia terus bekerja keras untuk menyukseskan World Beach Games Bali 2023. Masih banyak yang harus kami lakukan, oleh karena itu kami terus memperkuat koordinasi intensif dengan pemerintah daerah dan pusat, serta dengan ANOC,” tutur Oktohari.


 
Oleh : Shofi Ayudiana
Editor : Aditya Eko Sigit Wicaksono

Kantor Berita ANTARA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here