Aplikasi Terbaru dari Facebook Tawarkan Internet Gratis

Tampilan aplikasi Discover dari Facebook yang menawarkan kuota data gratis dari operator seluler (tech.fb.com)

INFODENPASAR.ID, Jakarta (08/05/2020) – Aplikasi Android terbaru dari Facebook, Discover, memungkinkan pengguna menelusuri situs web apa pun menggunakan saldo harian dari data gratis yang ditawarkan oleh operator seluler.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat, Discover hanya tersedia di negara-negara tertentu, dan saat peluncuran hanya ada empat operator seluler yang berpartisipasi untuk menawarkan data gratis, yaitu Bitel, Claro, Entel dan Movistar.

Facebook Discover merupakan bagian dari inisiatif Free Basic, dan sekarang tersedia di Peru. Aplikasi ini mendukung low-bandwidth ketika menggunakan data gratis, yang berarti bahwa jenis data tertentu, seperti video dan audio, tidak diperbolehkan melalui data gratis.

Cara kerjanya, setiap hari, pengguna Facebook Discover akan menerima saldo data gratis dari operator yang disebutkan di atas. Pengguna akan diberi tahu setiap kali data gratis tersedia, namun mereka selalu dapat memilih untuk melihat jenis konten, seperti video, dengan menggunakan data yang dibeli dari operator seluler.

Agar pengguna dapat menjelajahi internet menggunakan data gratis, semua data gratis dialihkan melalui proxy Discover, dan didekripsi sementara untuk menghapus data yang tidak didukung, seperti video dan audio. Aplikasi ini tidak menyimpan riwayat penjelajahan pengguna, dan yang lebih penting, tidak perlu memiliki akun Facebook untuk dapat menggunakan Discover.

Oleh : Arindra Meodia
Editor : Alviansyah Pasaribu

Kantor Berita ANTARA