Bali Terima Ratusan APD Dari Pemerintah Pusat

Proses penerimaan APD dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung Bali. ANTARA/HO-Kodam IX/Udayana. (Antara/Ayu Khania Pranisitha)

INFODENPASAR.ID, Denpasar – Pemerintah Provinsi Bali kembali menerima 103 box alat pelindung diri (APD) dari pemerintah pusat, yang dalam hal ini melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB.

“APD tersebut sejumlah 103 koli/box atau 5.150 ea/pieces dengan berat 1.751 kg untuk Provinsi Bali, yang dikirim melalui penerbangan khusus Pesawat Hercules TNI AU C-130 Nomor Register A-1303 yang melakukan penerbangan langsung dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung Bali,” kata Kepala Satgas Bidang Kesehatan Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Provinsi Bali, dr. I Dewa Gede Basudewa dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Jumat (15/05/2020).

Ia mengatakan bahwa pengiriman APD ini merupakan kali kelima untuk Provinsi Bali, dalam mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Virus Corona atau COVID-19.

Pada pukul 11.35 Wita Pesawat Hercules membawa alat pelindung diri (APD) mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Kemudian mengarah ke Apron 63 dan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan oleh anggota Lanud terhadap truk dan box APD.

Selanjutnya, penurunan alat pelindung diri (APD) dari dalam bagasi pesawat untuk dipindahkan ke dalam truk milik Korem 163/Wira Satya dan truk milik BPBD Provinsi Bali.

Adapun proses serah terima APD dilakukan dari Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Radar Soeharsono kepada Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Husein Sagaf, S.H., dan selanjutnya Danrem menyerahkan kepada Kepala Satuan Tugas Bidang Kesehatan Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Provinsi Bali dr. I Dewa Gede Basudewa.

“Dalam kesempatan ini, mewakili Pemerintah Provinsi Bali, saya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah membantu pengiriman APD ke Provinsi Bali. Selain itu, untuk stok atau persediaan APD di Bali sampai saat ini masih mencukupi,” jelas dr. Basudewa.

Untuk APD berjumlah 103 koli/box atau 5.150 ea/pcs dengan berat 1.751 kg tersebut, kemudian dibawa menuju Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kantor BPBD Provinsi Bali.


Oleh : Ayu Khania Pranishita
Editor : Ruslan Burhani

Kantor Berita ANTARA