Barbie Buatkan Boneka Berwujud “Anne Avantie” Wanita Indonesia Inspiratif

Barbie Anna Avantie (ANTARA/Mattel)

INFODENPASAR, Jakarta – Mattel Indonesia memberikan perhargaan kepada Anne Avantie dalam Program Barbie Role Model, yang merupakan sebuah inisiatif dari Barbie untuk mengangkat kisah dan cerita wanita-wanita hebat di seluruh dunia.

Melalui program ini, Barbie memberikan sebuah boneka One of A Kind (OOAK) yang secara khusus dibuat menyerupai Anne Avantie sebagai wanita inspiratif pertama dari Indonesia yang menerima boneka ini.

Boneka OOAK ini diberikan sebagai sebuah penghargaan untuk wanita yang akrab disapa Bunda Anne ini, sebagai sosok inspiratif bagi anak perempuan di Indonesia agar terus percaya pada potensi tak terbatas yang mereka miliki.

Barbie Role Model Program pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 dan terus memberikan penghargaan kepada lebih banyak wanita hebat di seluruh dunia.



Sebagai bagian penting dari prakarsa global Barbie yang berkelanjutan, Dream Gap Project, Barbie juga memperkenalkan kisah wanita dari semua lapisan masyarakat kepada anak-anak perempuan untuk menunjukkan kepada mereka bahwa mereka bisa menjadi apa saja yang mereka inginkan. 

Barbie telah memberikan penghargaan ini kepada beberapa wanita di dunia, di antaranya adalah Farah Ann, seorang pesenam lantai yang berasal dari Malaysia.

“Sebagai brand yang memiliki misi untuk memberikan inspirasi kepada anak perempuan, Barbie memberikan penghargaan kepada para wanita hebat di seluruh dunia yang bisa menjadi role model bagi mereka,” ujar Lisa McKnight, Senior Vice President and Global Head of Barbie & Dolls, Mattel dalam rilis resminya pada Senin (31/05/2021).

Sebagai penerima penghargaan Barbie Role Model 2021 dari Indonesia, Anne Avantie juga merupakan sosok yang memiliki segudang prestasi di bidang fesyen sebagai seorang desainer.

Melalui karyanya, ia senantiasa melestarikan kebudayaan Indonesia dalam rancangan kebaya dan batik yang telah dipakai oleh banyak orang-orang penting dan terkenal, termasuk beberapa Miss Universe ketika mengunjungi Indonesia.

Yang lebih inspiratif lagi, Anne Avantie juga senantiasa berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan melalui banyak kegiatan sosial, serta dengan membentuk Pasar Tiban yang ditujukan untuk membantu usaha kecil dan menengah.

“Saya sangat senang dan bersyukur menerima penghargaan dari Barbie ini, terutama apabila saya dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi anak-anak perempuan dalam meraih cita-cita mereka,” kata Anne Avantie. 

Boneka OOAK ini didesain sedemikian rupa sehingga merepresentasikan Anne Avantie, lengkap dengan ciri khas beliau yaitu konde dengan hiasan bunga kamboja di sebelah kanan.

Bunga kamboja yang sering ditemukan di pusara ini, disebut oleh beliau sebagai bunga yang paling setia di dunia karena menemani manusia sejak lahir sampai di peristirahatan yang terakhir. Inilah yang menginspirasi Anne Avantie untuk menjadi sosok yang setia dan senantiasa menghiasi hari-hari banyak orang dengan kebaikan.  

Busana yang dikenakan oleh boneka ini adalah kebaya tradisional sederhana berwarna hitam yang merepresentasikan Anne Avantie dalam kesehariannya. Tidak lupa pula selembar kain batik yang disampirkan di bahu sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Anne Avantie dan rancangannya, yang selalu memberikan sentuhan kecintaan pada kebudayaan Indonesia. 


Pewarta : Maria Cicilia
Editor : Maria Rosari Dwi Putri

Kantor Berita ANTARA