Biden Yakin Akan Bertemu Xi Jinping Jika Hadir Dalam KTT G20 di Bali

Arsip foto - Presden AS Joe Biden mengadakan pertemuan virtual dengan Presiden China Xi Jinping dari Situation Room di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, Jumat (18/3/2022). ANTARA/REUTERS/HO-The White House/HP/djo

INFODENPASAR, Washington – Presiden AS Joe Biden mengatakan dia yakin akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping jika mitranya tersebut menghadiri KTT G20 di Bali, November mendatang.

“Jika dia (Xi) di sana, saya yakin saya akan bertemu dengannya,” kata Biden kepada wartawan sebelum pertemuan kabinet di Washington DC, Selasa (06/09/2022).

Biden dan Xi membicarakan kemungkinan pertemuan keduanya dalam sambungan telepon yang berlangsung lebih dari dua jam, pada 28 Juli 2022.

Pembicaraan telepon tersebut mencakup topik hangat mengenai kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, pulau yang diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya.

Tim Biden telah lama mengusahakan pertemuan langsung dengan Xi untuk menurunkan ketegangan atas isu Taiwan, selain isu perdagangan dan sejumlah masalah lainnya.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto

Kantor Berita ANTARA