BMKG Minta Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi dan Hujan Saat Libur Natal di Bali

Ilustrasi - Sejumlah wisatawan menyaksikan gumpalan awan yang bergerak membawa hujan di Pantai Kuta, Bali. FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana/Koz/nz/pri.

INFODENPASAR, Denpasar – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar meminta masyarakat mewaspadai ketinggian gelombang laut hingga 2,5 meter dan hujan intensitas sedang hingga lebat saat libur Natal di Bali pada 24-26 Desember 2023.

“Kami akan memantau dan memperbarui informasi berdasarkan perkembangan cuaca dan dinamika atmosfer,” kata Kepala Balai BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Minggu (24/12/2023).

Adapun wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebar yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat yaitu Bangli, Jembrana, Gianyar, Badung, Denpasar dan Tabanan pada Minggu (24/12). Sedangkan pada Senin (25/12) berpotensi terjadi di Karangasem, Bangli, Gianyar, Badung, Denpasar, Tabanan dan Klungkung.

Sedangkan potensi ketinggian gelombang laut hingga 2,5 meter diperkirakan terjadi di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, dan perairan selatan Bali pada 24-26 Desember 2023.

Ada pun arah angin diperkirakan bergerak dari timur-tenggara dan tenggara-barat daya dengan kecepatan antara 10-15 knot atau sekitar 18-27 kilometer per jam.

Ia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti angin kencang, pohon tumbang, petir, banjir, genangan air, dan tanah longsor.

Selain itu pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari, dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir, juga diimbau untuk mewaspadai potensi ketinggian gelombang laut itu.

Untuk pengguna perahu nelayan diminta mewaspadai kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter, operator kapal tongkang dianjurkan waspada saat angin berkecepatan lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, serta operator kapal feri diminta mewaspadai kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Pihaknya membuka layanan informasi 24 jam dan dapat menghubungi nomor telepon 0361-751122 atau melalui laman balai3.denpasar.bmkg.go.id.

Selain itu ada juga kanal media sosialnya yakni telegram di warningcuacabali, facebook di BBMKG Wilayah III Denpasar, X (twitter) di @bbMKG3, dan instagram di @bmkgbali, serta melalui aplikasi melalui infoBMKG.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA