BMKG Prakirakan Bali dan Sebagian Daerah Diguyur Hujan Lebat

INFODENPASAR, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang hari ini, Senin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG di Jakarta, Senin, hujan lebat disertai kilat/petir  diprakirakan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Nusa Tenggara Barat.

Prakiraan cuaca tersebut juga berlaku bagi Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Maluku Utara, dan Papua Barat.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Perairan Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna, Perairan Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian Utara, Perairan Utara dan Timur Halmahera, serta Samudra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua.

Selain itu, perlu juga diwaspadai gelombang sangat tinggi 4-6 meter di Laut Natuna Utara.

Bidang pelayaran diharapkan memperhatikan peringatan gelombang tinggi yang dikeluarkan BMKG tersebut, yang berlaku dari Senin (3/1) pukul 07.00 WIB hingga Selasa (4/1) pukul 07.00 WIB.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi juga diimbau agar tetap selalu waspada.

Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor : Muhammad Yusuf

Kantor Berita ANTARA