BMKG: Waspada Dampak Hujan dan Angin Kencang di Bali Sampai 30 Januari

Petugas mengamati pohon yang tumbang menimpa bangunan akibat cuaca ekstrem di kawasan Kedonganan, Badung, Bali, Selasa (3/1/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

INFODENPASAR, Denpasar – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengimbau warga waspada dan berhati-hati terhadap dampak hujan beserta petir/kilat dan angin kencang yang diprediksi terjadi di sebagian besar wilayah Bali pada 28–30 Januari 2023.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Bali, Sabtu (28/01/2023), menyampaikan dampak yang berpotensi terjadi akibat cuaca ekstrem antara lain banjir, tanah longsor, pohon tumbang, angin kencang, kilat/petir.

“Prediksi cuaca 3 hari ke depan, cuaca secara umum berpotensi hujan ringan sampai dengan hujan lebat yang dapat disertai petir/kilat di sebagian besar wilayah Bali,” kata Cahyo Nugroho dalam informasi prakiraan cuaca yang sama.

Ia menyampaikan BMKG juga memprediksi selama 3 hari ke depan angin bertiup dari arah barat ke barat laut dengan kecepatan 4–36 kilometer per jam.

Untuk kondisi cuaca di Bali, Sabtu, BMKG melaporkan situasi yang sama, angin bertiup dari arah barat ke barat laut dengan kecepatan 4-36 km per jam.



Sementara suhu udara ada di kisaran 22–30 derajat Celsius dengan kelembaban udara 75–98 persen.

Tidak hanya peringatan dini untuk hujan dan angin kencang, BMKG juga mengimbau warga mewaspadai tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di beberapa kawasan perairan Bali pada 28–30 Januari.

“Tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar 0,25–1,25 meter, di perairan selatan Bali 1–2,5 meter, di Selat Bali 0,5–2 meter, dan di Selat Lombok 0,5–2 meter,” kata Cahyo Nugroho menyampaikan prediksi BMKG.

Untuk tinggi gelombang laut di Bali, Sabtu, BMKG melaporkan tinggi di perairan utara Bali berkisar 0,25–1,25 meter, di perairan selatan Bali 0,75–2 meter, di Selat Bali 0,5–2,5 meter, dan di Selat Lombok 0,5–2,5 meter.

Di luar perkiraan cuaca secara umum, BMKG juga memprediksi cuaca di beberapa tempat wisata Bali pada 29–30 Januari.

Cuaca secara umum di Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, Sanur, diprediksi hujan ringan terutama pada pagi hari (08.00–14.00 Wita), dan malam hari (20.00–21.00 Wita). Sementara tinggi gelombang laut di tempat wisata tersebut diperkirakan di kisaran 0,25–1,5 meter.

Di destinasi wisata lainnya, BMKG memprediksi pada 29–30 Januari hujan ringan turun di Ubud, Bedugul dan Kintamani, terutama pada siang hari, sementara di Besakih diperkirakan hujan disertai petir/kilat juga pada siang hari.


Oleh : Genta Tenri Mawangi
Editor : Agus Salim

Kantor Berita ANTARA