BTS Rehat, Fokus Pada Proyek Solo

Grup K-pop BTS (ANTARA/instagram)

INFODENPASAR, Jakarta – Grup idola K-pop BTS mengumumkan akan menunda proyek grup agar para anggotanya bisa fokus mengerjakan proyek solo sehingga tiap orang bisa berkembang.

“Sistem idola K-pop tidak memberikan waktu untuk anggotanya berkembang. Kau tak punya waktu untuk dewasa karena kau harus memproduksi sesuatu,” kata RM dalam makan malam dengan rekan-rekannya untuk merayakan ulang tahun mereka ke-9, dikutip dari Yonhap pada Rabu (15/06/2022).

RM mengatakan mereka akan mulai merilis album solo, dimulai dari proyek J-Hope, sementara Jin mengekspresikan keinginan untuk mencoba karier di dunia akting.

Video makan malam itu diunggah di laman resmi mereka.

Terjemahan bahasa Inggris dari pernyataan itu menunjukkan salah satu anggota menyebut istirahat itu sebagai “hiatus”, deskripsi yang diluruskan oleh perwakilan BTS dalam pernyataan.

“Lebih jelasnya, mereka tidak hiatus tapi akan butuh waktu untuk mengeksplorasi proyek solo saat ini dan akan tetap aktif dalam format yang berbeda,” kata pernyataan itu.

BTS debut pada Juni 2013 dan menjadi sensasi global dengan lagu-lagu hits dan kampanye sosial untuk memberdayakan anak-anak muda. Mereka baru merilis album baru “Proof” pada Jumat.

Tahun lalu, BTS jadi band Asia pertama yang memenangi artis tahun ini di American Music Awards. Mereka berjumpa dengan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih pada Mei untuk mendiskusikan kejahatan kebencian yang menargetkan orang Asia, demikian Reuters.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri

Kantor Berita ANTARA