Bupati Buleleng Tebar Benih Ikan di Danau Buyan dan Tamblingan

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat menyerahkan secara simbolis bantuan bibit ikan di Danau Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Jumat (13/8/2021). Bupati menebarkan bibit ikan di Danau Buyan dan Tamblingan untuk menjaga kelestarian dua danau tersebut di Kabupaten Buleleng. (FOTO Antara News Bali/Made Adnyana/2021)

INFODENPASAR, Singaraja – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menebarkan bibit ikan di Danau Buyan dan Tamblingan untuk menjaga kelestarian dua danau tersebut di KabupatenBuleleng.

“Danau Buyan dan Danau Tamblingan harus dijaga kelestariannya, khususnya Danau Tamblingan karena kecukupan sumber hayati, utamanya di bidang perikanan, harus dikembangkan dan memberi manfaat kepada masyarakat,” ujar Bupati saat menyerahkan secara simbolis bantuan bibit ikan di Danau Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Jumat (13/08/2021).

Untuk itu, lanjut Bupati, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng harus terus memasok bibit ikan untuk ditebar di Danau Tamblingan. “Ini diperlukan untuk menjaga kelestarian Danau Tamblingan, termasuk Danau Buyan juga,” ujarnya.

Menurut Bupati, pasokan bibit ikan harus rutin dilakukan agar hidup dari ikan-ikan di Danau Tamblingan ini terus berjalan dan berkelanjutan. Utamanya, pasokan dari DKPP yang merupakan instansi terkait untuk mengurus perikanan.

“Dari hasil diskusi saya tadi, DKPP siap pasok 10 ribu ekor di Danau Tamblingan, sehingga kecukupannya bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sini,” ucap Agus Suradnyana.

Sementara itu, Kepala DKPP Buleleng I Gede Putra Aryana menyebutkan penebaran benih ikan dilakukan di Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Di Danau Buyan ditebar benih ikan nila sebanyak 5.000 ekor, sedangkan di Danau Tamblingan ditebar benih ikan nila sebanyak 12.000 ekor dan ikan karper sebanyak 3.000 ekor.

Ukuran dari benih ikan yang ditebar berkisar antara 7-9 centimeter. Jika kurang dari ukuran tersebut, predator akan memangsa benih ikan yang ditebar.

“Sehingga keberlanjutan ikan itu tidak bisa dijamin. Kalau sudah diatas itu bisa diamankan dan bisa dinikmati untuk dikonsumsi oleh masyarakat di sini. Semoga bermanfaat kedepannya,” katanya.

Putra Aryana mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 10.000 benih ikan setiap bulannya. Hal tersebut diperlukan untuk keberlanjutan tersedianya ikan di Danau Tamblingan. Penebaran juga akan dilakukan di Danau Buyan untuk menjaga kebermanfaatan dari bidang perikanan di sana.

Selama predator masih ada, penebaran ini harus rutin dilakukan agar jumlah ikan tidak berkurang. Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada nelayan jika menemukan ikan zebra untuk tidak dilepas lagi. Dengan begitu, jumlah predator akan berkurang.

“Yang terpenting adalah bagaimana masyarakat bisa mengonsumsi ikan di situasi pandemi. Ya dengan cara penebaran benih ikan secara rutin,” kata Putra Aryana.

Pewarta : Made Adnyana

Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA