Desa Tegal Harum-Kelurahan Pemecutan Wakili Bali ke Tingkat Nasional

Penyerahan keputusan Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan sebagai juara I dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Bali di Denpasar, Jumat (23/6/2023). ANTARA/HO-Pemkot Denpasar

INFODENPASAR, Denpasar – Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan di Kota Denpasar mewakili Bali ke tingkat nasional karena berhasil memenangkan lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Bali.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Denpasar I Wayan Buda di Denpasar, Jumat (23/06/2023), mengatakan keberhasilan dua wakil Denpasar itu tidak lepas dari komitmen Pemerintah Kota Denpasar.

“Ini berkat komitmen Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara dan Wakil Wali Kota Kadek Agus Arya Wibawa bersama perbekel/lurah dan OPD terkait dalam meningkatkan standardisasi pelayanan pada jenjang pemerintahan desa/kelurahan,” ujar Buda.

Ia menambahkan, tak hanya pelayanan, kemanfaatan dan ketertiban administrasi juga patut diberikan apresiasi. Hal ini mengingat keberadaan desa/kelurahan merupakan garda terdepan pemerintah dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Bali Desa Tegal Harum menjadi yang terbaik kategori Desa dan bertengger sebagai juara I. Sedangkan juara II diraih Desa Gubug, Kabupaten Tabanan dan juara III diraih Desa Ekasari, Kabupaten Jembrana.

Sementara itu, Kelurahan Pemecutan juga menjadi yang terbaik kategori Kelurahan dan meraih juara I. Sedangkan juara II diraih Kelurahan Padangkerta, Kabupaten Karangasem dan juara III diraih Kelurahan Semarapura Kauh, Kabupaten Klungkung.

“Dengan keduanya menjadi juara I menjadi bukti bahwa komitmen meningkatkan pelayanan bagi masyarakat mendapat pengakuan dan apresiasi dari Pemprov Bali,” ujarnya

Camat Denpasar Barat IB Purwanasara menambahkan bahwa desa dan kelurahan yang berhasil menjadi juara tingkat provinsi ini nantinya akan maju ke tingkat nasional.

Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan merupakan desa kelurahan yang dinilai tertib secara administrasi pemerintahan.

Selain itu, keduanya juga mempunyai inovasi dalam mengelola potensi desa sehingga secara langsung memberikan kemanfaatan dan dirasakan oleh masyarakat.

Sementara Perbekel Desa Tegal Harum I Komang Adi Widiantara mengaku bersyukur Desa Tegal Harum sukses meraih juara I Lomba Desa tingkat Provinsi Bali.

Hal ini tentunya menjadi cambuk sekaligus semangat untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Sehingga kedepannya dapat dirasakan kemanfaatannya bagi masyarakat.

“Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, sehingga Desa Tegal Harum dapat menjadi juara I. Ke depan ini akan menjadi cambuk untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” ujarnya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor : Widodo Suyamto Jusuf

Kantor Berita ANTARA