Dinas Kebakaran Badung Jamin Nihil Kebakaran Saat KTT G20

Apel gelar pasukan Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung dalam rangka kesiapan menyambut KTT G20. ANTARA/HO-Pemkab Badung

INFODENPASAR, Badung – Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Kabupaten Badung, Bali menjamin nihil insiden kebakaran saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada bulan November mendatang.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan pasukan, dan Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Badung bersama jajaran dan seluruh pasukannya sudah menunjukkan bukti kesiapan untuk menyambut kegiatan internasional ini dengan nihil insiden,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa saat apel gelar pasukan Diskarmat jelang KTT G20 di Mangupura, Selasa (13/09/2022).

Ia mengatakan, pihaknya meminta Diskarmat Badung untuk terus menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk menjawab kepercayaan dan kehormatan Badung sebagai tuan rumah KTT G20.

Untuk itu, Sekda Adi Arnawa juga telah meminta Diskarmat Badung untuk segera melakukan koordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Badung dalam rangka mendorong beberapa hal penting yang bisa dianggarkan pada anggaran perubahan APBD 2022.

“Ini merupakan langkah yang sangat serius dan penting untuk didukung guna kesiapan pasukan kami dalam rangka menghadapi event besar ini, baik segi sarana, prasarana maupun dari SDM-nya guna menghadapi KTT G20,” katanya.

Dengan kesiapan pasukan yang ada, Pemkab Badung juga mendukung dan mendorong secara intensifikasi dari segi peningkatan SDM, dari segi pelatihan yang sangat penting dalam menghadapi bencana kebakaran yang terjadi.

“Kami tidak bisa mengandalkan dari segi fisik saja tanpa didukung SDM yang kuat, oleh karena itu saya akan mendorong hal seperti ini, saya perintahkan kepada Diskarmat Badung untuk melakukan koordinasi, dari segi sarana, prasarana yang bisa dipenuhi dan diperlukan,” ungkap Sekda Adi Arnawa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Badung I Wayan Wirya menambahkan, pihaknya memastikan para petugas kebakaran di Badung mengedepankan profesionalisme, secara modern, terlatih dari segi memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

“Kami siap dan akan terus membangun solidaritas, meningkatkan kesiapsiagaan aparatur di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dalam rangka kesiapan menyambut KTT G20,” ujarnya.

Nantinya, pihaknya akan memproteksi area persiapan dan pelaksanaan KTT G20 di bidang kebakaran, melakukan kolaborasi dengan pihak lain dalam proses pengamanan area KTT G20.

“Kami juga melakukan pemantauan terhadap Pos Pengamanan (Pos PAM) sepanjang persiapan dan pelaksanaan KTT G20 di wilayah Badung,” kata Wayan Wirya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub

Kantor Berita ANTARA