Dinas Kesehatan Provinsi Bali Himbau Masyarakat Untuk Tetap Tenang

Alat pemindai suhu tubuh.

INFODENPASAR, Denpasar – Virus Corona menjadi salah satu virus yang menyebabkan kehebohan di berbagai negara. Dengan cepatnya penyebaran virus tersebut menyebabkan beberapa negara sudah terkena dampak dari virus tersebut. Pada hari Senin (2/3) Presiden Republik Indonesia, Jokowi telah mengumumkan kasus virus corona pertama di Indonesia. Presiden menjelaskan hanya 2 orang saja yang telah positif terkena virus corona.

Terkait penyebaran virus corona tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengeluarkan press release pada hari Selasa (03/03/2020) yang menghimbau warga Bali untuk tetap tenang. Berdasarkan press release tersebut disebutkan bahwa hingga saat ini belum ditemukan kasus positif corona di Provinsi Bali. Kasus yang tercatat dengan gejala virus corona dan memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri ada 29 kasus. 22 diantaranya negatif dan 7 sisanya masih menunggu hasil laboratorium.

Provinsi Bali sendiri telah memiliki sistem mitigasi (pengurangan resiko) yang sesuai dengan standar WHO, dengan 3 rumah sakit yang telah menyiapkan ruang isolasi yaitu RSUP Sanglah, RSUP Sanjiwani Gianyar dan RSUP Tabanan. Serta menunjuk RS PTN UNUD sebagai tempat isolasi jika terjadi peningkatan kasus.

Pada bandara I Gusti Ngurah Rai telah dilakukan screening di pintu masuk dengan pemantauan kedatangan wisatawan melalui thermo scanner.

Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga menghimbau kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Bali untuk memastikan diri dalam kondisi sehat dengan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Pewarta : Eka Widya Putra