Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bali Salurkan 500 Paket Sembako

Kepala Dinas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Bali Ir. Ida Bagus Wisnuardhana, M.Si. (tengah baju putih) bersama perwakilan penerima sembako di kantornya.

INFODENPASAR.ID, Denpasar – Sebagaimana arahan Gubernur Bali, Wakil Gubernur dan Sekda untuk adanya kepedulian sosial kepada masyarakat yang terkena dampak kebijakan physical distancing pengendalian Covid-19, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali menyalurkan 500 paket sembako yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2020.

Disamping berbagai program dalam upaya penanganan PDP, ODP dan pasien Covid-19 maupun penanganan dampak baik kepada kelompok masyarakat maupun dunia usaha melalui program jaring pengaman sosial telah dan akan dilaksanakan oleh Pemprov Bali. Juga diharapkan ada kepedulian sosial lainnya dari masyarakat kepada kelompok masyarakat yang terkena dampak.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Bali Ir. Ida Bagus Wisnuardhana, M.Si. sebanyak 500 paket sembako yang disalurkan adalah spontanitas dananya dari seluruh pajabat dan staf ASN Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, yang disalurkan melalui para karyawannya untuk disampaikan langsung ke yang berhak menerima.

Para seniman yang menerima sembako dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

“Paket sembako dibeli dari kelompok tani dan kelompok ternak binaan sehingga terbantu dalam memasarkan produknya. Jadi ada efek ganda disini, ada fasilitasi pemasaran hasil produk lokal dan ada sekedar bantuan sembako untuk yang terkena dampak,” ujarnya. Sambil menjelaskan bahwa para penyalur adalah ASN eselon tiga, yang akan menyerahkan pada para penerima yang berhak menerima di lingkungan kerja, seperti buruh tani, warga tak mampu dan lainnya.

Wisnuardhana juga menambahkan ada 20 paket sembako yang juga diserahkan pada mitra kerjanya, antara lain pada wartawan yang sering membagikan informasi pertanian dan pangan dan juga para seniman di sektor pariwisata yang pastinya merasakan dampak dari Pandemi Covid-19, karena tempat bekerjanya sedang ditutup sementara.

Terkait dengan penyediaan pangan bagi masyarakat Bali, “Kami telah mendapat arahan dari Gubernur Bali dan Sekretaris Daerah selaku Ketua dan pelaksana harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 serta dari Wakil Gubernur selaku Ketua Tim percepatan penanganan dampak Covid-19 untuk menetapkan langkah-langkah strategis agar pangan tetap terjaga ketersediaanya sesuai kebutuhan.”

Saat pembagian 500 paket sembako tetap melaksanakan protokol physical distancing, dimana yang hadir hanya ASN yang akan mendistribusikan sembako langsung pada penerima di rumahnya masing-masing, “Agar tidak ada kerumunan dan keramian,” ujar Wisnu.

Sembako yang siap disalurkan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Bali

Pewarta: iwan darmawan

Tim INFODENPASAR.ID