Dirjen Imigrasi Nilai Layanan Imigrasi di Bali Patut Jadi Contoh

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI Silmy Karim (tiga kanan) berbincang dengan seorang warga negara asing yang mengurus perpanjangan izin tinggal di Kantor Imigrasi, Bali, Kamis (12/1/2023). ANTARA/HO-Kantor Wilayah Kemenkumham Bali

INFODENPASAR, Denpasar – Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim menilai layanan keimigrasian di Bali, khususnya di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Khusus Ngurah Rai, Bali, patut menjadi contoh kantor imigrasi lainnya di Indonesia.

Silmy menyampaikan pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Ngurah Rai melebihi ekspektasi-nya.

“Ini di luar ekspektasi saya. Saya berharap jajaran lainnya dapat melakukan hal yang sama,” kata Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI pada sela-sela kegiatannya meninjau Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (12/01/2023).

Ia lanjut memberi instruksi kepada jajarannya di Ngurah Rai bahwa layanan yang cepat dan bersih harus selalu menjadi prioritas.

“Layanan cepat dan bersih, serta dukungan digitalisasi yang kami harapkan ke depan untuk meningkatkan pelayanan imigrasi,” kata dia sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Kantor Wilayah Kemenkumham Bali.

Bali menjadi salah satu wilayah pertama di luar Pulau Jawa yang dikunjungi oleh Silmy Karim tidak lama setelah dia resmi dilantik oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly di Jakarta, pada 4 Januari 2023.

Di Bali, Dirjen Imigrasi yang baru dilantik itu meninjau pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Rumah Detensi Imigrasi Denpasar, dan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Dalam kunjungan kerjanya itu, Silmy Karim didampingi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu dan Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali Barron Ichsan. Sementara di Bandara Ngurah Rai, Silmy turut didampingi oleh GM Angkasa Pura I Bandara I Gusti Nghrah Rai Handy Heryudhitiawan.

Di Kantor Imigrasi Denpasar, Silmy menyempatkan diri mengamati proses pelayanan permohonan paspor dan perpanjangan izin tinggal mulai dari antrean para pemohon, wawancara, dan foto diri pemohon.

Ia pun lanjut memberi arahan kepada jajarannya di Kantor Imigrasi Denpasar. Ada tiga hal yang menjadi penekanan, yaitu meningkatkan kualitas organisasi, kinerja anggota, dan meningkatkan kontribusi Imigrasi kepada negara.

“Pelayanan menjadi target nomor satu,” kata Silmy Karim.

Tidak hanya itu, ia mengingatkan jajarannya di Bali agar memberi pelayanan dengan sepenuh hati.

“Tugas-tugas harus dijalankan dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Kemudian di Rumah Detensi Imigrasi Denpasar, Silmy mengecek ruang kunjungan detensi dan blok hunian detensi. Ia juga menyempatkan diri berbincang dengan warga negara asing yang ditempatkan sementara di Rumah Detensi.

“Pertahankan kelayakannya, kita jaga sisi humanisnya,” kata Silmy ke pegawai Imigrasi di Rumah Detensi.


Oleh : Genta Tenri Mawangi
Editor : Agus Setiawan

Kantor Berita ANTARA