DLHK Denpasar Intensifkan Pemangkasan Pohon Perindang Jalan

Petugas DLHK Kota Denpasar saat melaksanakan perompesan di kawasan Banjar Angabaya Kelurahan Penatih Kota Denpasar, Provinsi Bali, Sabtu (7/1/2023). FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Denpasar.

INFODENPASAR, Denpasar – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Provinsi Bali, mengintensifkan perompesan atau pemangkasan pohon perindang jalan untuk mendukung penataan wajah kota, sekaligus memastikan keamanan masyarakat di tengah kondisi cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir.

Kepala DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa di Denpasar, Sabtu (07/01/2023), mengatakan perompesan pohon perindang dilaksanakan tidak hanya saat musim penghujan saja.

“Melainkan secara rutin untuk mendukung penataan wajah kota sehingga pohon perindang yang tersebar di beberapa wilayah Kota Denpasar terlihat rapi dan indah serta aman,” katanya.

Menurut Gustra panggilan akrabnya, pelaksanaan perompesan pohon perindang, selain untuk mempercantik wajah kota, juga untuk meringankan beban pohon jika hujan.

Hal ini dilaksanakan dengan menyasar beberapa titik yang tersebar di wilayah Kota Denpasar. Seperti halnya kawasan Banjar Kelurahan Penatih yang dilaksanakan perompesan pada Sabtu (7/1) ini.

“Kami secara rutin melaksanakan perompesan pohon perindang di seluruh ruas jalan Kota Denpasar. Besar harapan kami, masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar khususnya pohon perindang yang segera perlu dilakukan perompesan,” katanya.

Ia menambahkan, secara berkelanjutan pihaknya terus melaksanakan pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang di Kota Denpasar. Dengan demikian dapat diketahui diperlukan penanaman ulang atau cukup dengan pemangkasan saja.

Tim DLHK Denpasar secara rutin berkeliling mengecek pohon perindang yang ada di seputaran Kota Denpasar serta berdasarkan atau permohonan dari masyarakat.

“Nanti jika dilihat sudah terlalu tinggi dan berpotensi diterpa angin kencang akan dilaksanakan perompesan secara berkala,” kata IB Putra Wirabawa .

Sementara, Lurah Penatih Wayan Murda berterima kasih atas bantuan perompesan oleh DLHK Kota Denpasar. Selain mencegah pohon tumbang, hal ini juga memberikan kesan rapi dalam penataan pohon perindang.

“Kami sampaikan terimakasih kepada DLHK beserta tim, tentunya ke depan jika ada lagi pohon yang perlu dirompes akan terus kami komunikasikan,” katanya.

Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor : Andi Jauhary

Kantor Berita ANTARA