DLHK Denpasar Intensifkan Perompesan Antisipasi Pohon Tumbang

DLHK Denpasar intensifkan perompesan antisipasi pohon tumbang. ANTARA/HO-Humas Pemkot Denpasar

INFODENPASAR, Denpasar – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Bali terus mengintensifkan perompesan pohon perindang jalan di beberapa titik yang tersebar di wilayah kota sebagai upaya antisipasi tumbang saat musim hujan.

Kepala DLHK Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa di Denpasar, Selasa (04/01/2022), menekankan bahwa memasuki musim penghujan saat ini tentu sangat berpotensi terjadi angin kencang dan berdampak pada terjadinya pohon tumbang jika tidak dilakukan perompesan.

Selain itu, kata dia, saat musim penghujan beban pohon perindang lebih berat dari biasanya. Sehingga, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bersama, maka DLHK secara intensif melakukan perompesan pohon yang terlalu rimbun. Hal ini diharapkan mampu meringankan beban pohon untuk meminimalkan terjadinya pohon tumbang.

Menurut Gustra panggilan akrabnya Putra Wirawibawa, pelaksanaan perompesan pohon perindang, selain untuk meringankan beban dan mencegah terjadinya pohon tumbang, juga sebagai upaya untuk mempercantik wajah kota, sehingga terlihat rapi dan indah.

“DLHK secara rutin melakukan perompesan pohon perindang di seluruh ruas jalan Kota Denpasar, kami harapan masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar khususnya pohon perindang segera untuk dilakukan perompesan,” ujarnya.

Gustra mengatakan secara berkelanjutan pihaknya terus melakukan pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang di Kota Denpasar. Sehingga apakah diperlukan penanaman ulang atau cukup dengan perompesan saja.

“Untuk menindaklanjuti aduan masyarakat terkait pohon perindang, juga dilaksanakan pemetaan usia dan kondisi pohon untuk dilakukan perompesan rutin. DLHK punya empat regu. Satu regu beranggotakan delapan sampai 10 orang yang rutin tiap hari melakukan pemantauan dan perompesan pohon,” ucapnya.

Saat ini DLHK telah melaksanakan perompesan di beberapa titik yang dilakukan secara rutin memasuki musim penghujan. Tim DLHK melakukan keliling, serta mengecek pohon perindang di seputaran Kota Denpasar.

“Nanti jika dilihat sudah terlalu tinggi dan berpotensi diterpa angin kencang akan dilaksanakan perompesan,” kata Gustra menegaskan.


Pewarta : I Komang Suparta
Editor : Budi Santoso

Kantor Berita ANTARA