Eber dan Nouri Absen, Teco Siapkan Strategi Lawan Persita

Pelatih Bali United FC Stefano “Teco” Cugurra memberi keterangan kepada media saat jumpa pers di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Senin (6/3/2023), terkait laga Bali United melawan Persita Tangerang, Selasa (7/3/2023). ANTARA/HO-Bali United FC

INFODENPASAR, Denpasar – Pelatih Bali United FC Stefano “Teco” Cugurra menyiapkan sejumlah strategi saat timnya menjamu Persita Tangerang di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Selasa (07/03/2023), karena dua gelandang asingnya Eber Bessa dan Brwa Nouri absen akibat sanksi kartu.

Strategi itu di antaranya, pengaturan waktu latihan dan pemulihan yang berlangsung di tengah sempitnya jeda waktu antarpertandingan.

“Kami hanya punya sedikit waktu buat latihan. Kami punya tiga hari buat main besok lawan Persita Tangerang. Kami punya satu latihan taktik dan satu latihan recovery agar pemain tidak cedera dan punya tenaga besok,” kata Teco saat jumpa pers di Stadion Maguwoharjo, Senin, sebagaimana disiarkan Tim Media Bali United di Denpasar.

Dua sesi latihan itu berlangsung pada Minggu (5/3) atau dua hari selepas laga Bali United lawan Persikabo 1973 di Stadion Pakansari, Senin.

“Kami hanya punya waktu dua hari latihan dan ini situasi perihal waktu persiapan yang sangat sedikit untuk memperbaiki tim,” kata Teco sebagaimana dikutip dari laman resmi klub.

Menurut Teco, para pemain harus bekerja lebih keras saat menghadapi Persita Tangerang demi mempertahankan posisi klub tetap di lima besar, mengingat Bali United kehilangan tiga poin saat melawan Persikabo.

Tidak hanya itu, Bali United pada laga tersebut juga terpaksa bermain tanpa dua gelandang asingnya, Eber Bessa dan Brwa Nouri. Eber kena akumulasi dua kartu kuning, sementara Nouri diganjar kartu merah saat melakoni laga di Stadion Pakansari pekan lalu.

Faktor lain yang mengharuskan Bali United bekerja lebih keras adalah keberadaan pelatih baru Persita Tangerang Luis Edmundo Duran. Luis sebelumnya pernah merumput bersama Persita Tangerang sebagai pemain pada 2009–2015. Kali ini, dia kembali ke Persita Tangerang sebagai pelatih dan memberi kemenangan perdana saat timnya itu melawan PSS Sleman pekan lalu.

“Dia pelatih yang baru datang menangani tim di Indonesia. Tentu tidak mudah dengan situasi waktu pertandingan yang padat untuk punya banyak latihan. Saya punya waktu tiga hari untuk persiapan pertandingan sedangkan dia punya empat hari karena mereka lebih dulu bertanding. Awal yang bagus dia bisa menang di pertandingan lalu dan kami respek dengan dia sebagai pelatih baru di Indonesia,” kata Teco.

Pelatih Bali United itu lanjut menjelaskan dirinya telah mengikuti perkembangan dari Persita Tangerang dan dia menilai tidak banyak perubahan dalam tim lawan.

“Kami tim Bali United sudah tahu kekuatan mereka Persita tidak banyak perubahan seperti putaran pertama lalu. Kami harus kerja keras buat bisa dapat tiga poin kemenangan dari mereka,” kata Stefano Cugurra.

Bali United saat ini masih bertahan di peringkat empat klasemen sementara Liga 1 2022/2023 dengan 46 poin dari 14 kemenangan, empat hasil imbang, dan sembilan kekalahan.

Sementara itu, Persita Tangerang ada di urutan sembilan dengan 36 poin dengan 10 kemenangan, 10 kekalahan dan enam hasil imbang.


Oleh : Genta Tenri Mawangi
Editor : Eka Arifa Rusqiyati

Kantor Berita ANTARA