Huawei Mobile Service Mengkomunikasikan Kecanggihan Pada Pengguna

Huawei Mobile Services.

Oleh : I Made Iwan Darmawan

Teknologi komunikasi terus berkembang, bahkan meninggalkan penggunanya. Sehingga ada istilah gaptek alias gagap teknologi pada banyak sekali pengguna yang tidak mengetahui dengan lengkap apa sih kecanggihan produk teknologi komunikasi yang dimilikinya. Sehingga tanpa mereka rasakan langsung, seperti sia-sia membawa perangkat canggih ini, kecuali untuk satu hal berkomunikasi konvensional, sekedar menerima dan mengirim informasi baik dalam bentuk suara, teks, gambar maupun video.

Nampaknya hal ini yang ingin dijawab oleh produsen teknologi informasi asal China, Huawei. Teknologi informasi dan komunikasi mereka semakin canggih, karena itu mereka ingin mengkomunikasikan pada pengguna dengan meluncurkan apa yang disebut Huawei Mobile Service (HMS).

HMS mulai dengan Huawei ID yang membantu pengguna untuk mengakses berbagai hal yang terdapat di HMS seperti Themes, Mobile Cloud, AppGallery dan lain sebagainya, pengguna bisa enjoy pada HMS dan sejumlah perangkat Huawei lainnya.

Karena HMS bisa disesuaikan inilah mempermudah pengguna untuk mencapai efisiensi utama dalam kehidupan mobilenya sehingga dapat merasakan pengalaman personal, karena HUAWEI ID mengijinkan pengguna untuk menyesuaikan perangkat Huaweinya sebagai pilihan yang disukai dimana saja, setiap waktu.

Selain itu HUAWEI ID juga mempermudah pengelolaan personal data dan informasi, karena tidak saja bisa mengakses semua aplikasi Huawei dari perangkatnya, tapi juga bisa untuk mengupload kontak, pesan dan password Wi-Fi melalui sistem Mobile Cloud. Dengan HUAWEI ID pengguna bisa menemukan datanya lewat cloud.huawei.com pada komputer di tangan. Juga akan dengan mudah melakukan sinkronisasi data pengguna ke perangkat Huawei terbaru.

HUAWEI ID juga memiliki keunggulan untuk proteksi personal data dari pelanggaran dan penipuan. Dengan proteksi akun On, pihak Huawei akan bisa mentraking aktivitas akun bersangkutan untuk proteksi ke depan. Ketika pengguna Log In akun ke browser dan perangkat tidak dikenal, akan segera mendapat pesan SMS untuk memverifikasi identitas pengguna.

Sementara itu Mobile Cloud sangat aman dan bisa otomatis mensinkronisasi foto, video yang dibuka dari perangkat manapun, dan tentu gampang dilihat, diatur dan didownload. Sistem ini juga bisa secara otomatis dan merupakan solusi aman untuk backup berbagai hal seperti foto, kontak, kalender, catatan dan berbagai hal yang penting dan bisa ambil data dari Cloud dengan menyentuh satu tombol saja.

Cloud Portal membuat pengaturan yang mudah terhadap semua data dari mana pun setiap waktu. Disediakan 5 GB Cloud Free dan bisa diupgrade hingga 2048 GB dengan sistem berbayar.

Pengguna disarankan untuk memakai AppGallery untuk pusat Discovery dengan konsep SAFE : SELECTED : FUN karena AppGallery adalah tempat untuk menemukan aplikasi dan game favorit berikutnya. Menikmati konten eksklusif dan free welcome Gift, even spesial game kompetisi dan hadiah hanya bagi pengguna AppGallery. Ada sejumlah game seperti GARENA FREE FIRE: RAMPAGE , World of Tanks Blitz, WWE Champions 2019, Star Trek Timelines yang bisa langsung diinstal. Juga ada Top Game seperti Pou, Daily Kitten, Pac-Man Kart Rally, Ms.Pacman yang bisa didownload sekarang juga. Top App juga lengkap seperti Amazon Shopping, BetterMe, TikTok dan Trainline yang juga bisa didownload sekarang.

Bahkan lewat HMS ini, Huawei mengajak melakukan inovasi dan pengembang dengan Huawei bersama dalam Huawei Developer Ecosystem bagi para developer aplikasi.

Sementara dalam konsep Themes Huawei menawarkan Seni (art) di dalam kantong, karena ada puluhan ribu gaya Themes, font, icons, locks Screens dan wallpapers yang bisa digunakan membuat mobile phone sesuai minat pengguna, dan disesuaikan dengan kemauan sendiri setiap waktu dan dimanapun dan tentu setiap saat akan disimpan dalam kantong bersama perangkat Huaweinya.  

Huawei Video menjadikan smartphone layaknya televisi dan bioskop karena bisa memutar berbagai film baik secara streaming.

Begitu pula Huawei masih menampilkan Browser dengan kecepatan tinggi untuk surfing di internet dengan tetap menjaga privasi pengguna telefon maupun tablet. Dan dalam waktu bersamaan juga menyediakan berbagai berita sehingga penguna tetap up to date. Bisa dengan memasang sejumlah shortcut favorit website. Dan yang paling penting bisa browsing dengan aman karena ada sistem keamanan Huawei untuk membuat telefon selalu safe.

Selain itu HMS sedang mengembangkan dukungan HUAWEI Assistant sebagai asistan pribadi sehingga para pengguna bisa mudah untuk mengelola berbagai hal seperti memesan berbagai tiket perjalanan dan juga merecanakan liburan.     

Tentunya dengan adanya HMS ini pengguna bisa menggunakan berbagi fitur yang disediakan secara lebih luas dan bermanfaat dalam membantu kehidupan sehari-harinya. Seperti dikutip dari kantor berita ANTARA, memang HMS diharapkan bisa meningkatkan tumbuhnya pengembang (Developer) yang fokus pada ritel online dan bisnis dengan bantuan pengembangan dengan memanfaatkan teknologi HMS.

Menurut Head of WEU EcoSystem Marketing Huawei Consumer Business Group, Peter Gauden pada Selasa 4 Agustus 2020, HMS juga menjawab kebutuhan semakin banyaknya konsumen dan vendor yang beralih ke transaksi melalui live-streaming untuk membeli dan menjual dan produk sehingga pertumbuhan e-commerce secara cepat.

Maka prioritas utama Huawei adalah mendukung peningkatan jumlah pengembang di seluruh dunia dalam bidang ini, itulah sebabnya salah satu dilakukan Huawei Developer Day 2020 yang digelar Kamis malam (6/8). “Kami selanjutnya mendedikasikan sepenuhnya untuk e-commerce dan para ritel online,” ujar Peter dalam keterangan tertulisnya pada kantor berita ANTARA.

Dengan menggabungkan kemampuan fitur yang ditawarkan melalui HMS menjadi satu solusi e-commerce, skenario tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman para konsumen Huawei dan pengguna AppGallery.  

INFODENPASAR.ID