Implementasi Penuh “Electronic Customs Declaration” Pada Bandara I Gusti Ngurah Rai

Pengimplementasian e-CD bagi para penumpang internasional yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai (Adv)

INFODENPASAR, Badung (01/11/2022) – Bea Cukai Ngurah Rai umumkan implementasi penuh Electronic Customs Declaration (e-CD) sebagai layanan utama bagi penumpang internasional yang mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai sesuai Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor KEP-176/BC/2022 per 1 November 2022.

“e-CD ini telah kami lakukan piloting sejak 6 Oktober lalu dengan pendampingan, monitoring, dan evaluasi intensif untuk kesiapan implentasi penuh, dan saat ini saya nyatakan bahwa kami, Bea Cukai Ngurah Rai siap mengimplementasikan penuh e-CD bagi para penumpang internasional yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai.” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Mira Puspita Dewi.

Lebih lanjut Mira menyatakan bahwa penggunaan e-CD pada Bandara I Gusti Ngurah Rai ini selain paperless juga dapat memberikan kecepatan proses customs clearance bagi penumpang internasional.

Pengarahan e-CD bagi para penumpang internasional yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai oleh petugas bea cukai (Adv)

“e-CD ini didesain untuk meningkatkan pelayanan barang bawaan penumpang yang lebih akuntabel, modern, dan andal, sehingga selain paperless, e-CD dapat mempercepat proses customs clearance bagi penumpang internasional. Sistem ini dapat diisi sejak 2 (dua) hari sebelum tanggal kedatangan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh penumpang, yang nantinya kami harapkan dapat memberikan dukungan nyata dalam upaya bangkitnya dunia pariwisata Bali.” lanjutnya.

Penumpang internasional yang akan tiba di Indonesia melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat mengisi e-CD sejak di bandara keberangkatan, tepatnya 2 (dua) hari sebelum kedatangan dengan mengakses laman ecd.beacukai.go.id. Penumpang yang telah mengisi e-CD sejak di negara asal, saat tiba di customs area Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat langsung scan/tap QR Code dari e-CD yang telah diisi sebelumnya. (Adv)