Indonesia Serahkan Keberlanjutan DIN G20 Kepada India

Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Dirjen Aptika Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan menyerahkan secara simbolis keberlanjutan ajang Digital Innovation Network (DIN) G20 kepada Under Secretary Ministry of External Affairs India Naman Upadhyaya sebagai perwakilan negara yang akan melanjutkan presidensi G20 2023 di Nusa Dua, Bali, Minggu (4/9/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)

INFODENPASAR, Bali – Indonesia secara simbolis menyerahkan keberlanjutan dari Digital Innovation Network (DIN) G20 kepada India yang pada 2023 akan melanjutkan Presidensi G20 di negaranya.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Dirjen Aptika Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan kepada Under Secretary Ministry of External Affairs India Naman Upadhyaya.

“Saya percaya bahwa kolaborasi merupakan kunci pengembangan ekosistem startup secara global dan kami mengharapkan bahwa hasil nyata yang menjadi warisan dari Digital Innovation Network selama tiga hari membahas inovasi dan kolaborasi bisa tersebar di seluruh dunia. Kami juga mengharapkan akan ada kelanjutan dari upaya kami menyelenggarakan acara ini dalam presidensi selanjutnya,” kata Semuel sebelum menyerahkan keberlanjutan DIN G20 kepada perwakilan India di Nusa Dua, Bali, Minggu (04/09/2022).

Under Secretary Ministry of External Affairs India Naman Upadhyaya juga mengemukakan pendapat serta mengapresiasi berlangsungnya DIN G20 2022 di Indonesia.

Ia menilai bahwa acara itu telah memberikan perspektif baru dalam pengembangan ekosistem startup dan inovasi digital di tengah transformasi digital global.

“Acara ini menghadirkan serta menghubungkan banyak startup serta modal ventura. Menampilkan inovasi menarik lewat Digital Innovation Network, dan saya mengucapkan selamat kepada Indonesia karena telah berhasil mengatur dan menciptakan acara yang sukses,” ujar Naman Upadhyaya.

Naman lebih lanjut mengungkapkan bahwa India dalam G20 tahun depan juga akan mengangkat beberapa topik yang telah dibawa Indonesia dalam Presidensi G20 di 2022 terutama dalam membahas transformasi digital.

Beberapa fokus bahasannya di antaranya terkait inovasi teknologi digital, keamanan siber dan digital, konektivitas digital, dan literasi digital.

Diharapkan dengan pembahasan-pembahasan tersebut akan lebih banyak pemikiran, ide, dan solusi baru untuk menjawab tantangan global di era digitalisasi masa kini.

“Mewakili Pemerintah India dan masyarakat di India, saya mengundang anda semua untuk datang ke India dan bisa memberikan inovasi digital yang lebih baik lagi,” tutup Naman.

Oleh : Livia Kristianti
Editor : Suryanto

Kantor Berita ANTARA