Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade Geografi Internasional 2023

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti di Jakarta, Kamis (2/3/2023). (FOTO ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

INFODENPASAR, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan Republik Indonesia (RI) siap menjadi tuan rumah pelaksanaan International Geography Olympiad (iGeo) ke-19 yang akan diselenggarakan pada 8-14Agustus 2023 di Bandung, Jawa Barat.

“Pada tahun lalu (2022) Kemendikbudristek telah sukses menyelenggarakan International Olympiad in Informatics (IOI),” kata Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti di Jakarta, Kamis (02/03/2023). Ia menjelaskan iGeo sendiri merupakan kompetisi tingkat dunia di bidang geografi bagi siswa jenjang pendidikan menengah dan akan diikuti sekitar 300 peserta serta pendamping dari 60 negara sekaligus tamu-tamu akademisi dari berbagai universitas, pejabat pemerintahan dan diplomat dari level nasional hingga internasional.

Sementara peserta dari Indonesia merupakan peserta didik hasil Olimpiade Sains Nasional (OSN)l yang telah diseleksi untuk mengikut kompetisi internasional.

Suharti mengatakan ajang iGeo di Indonesia tidak hanya sekadar lomba saja melainkan nantinya para peserta bisa mengenal beragam seni dan budaya yang ada di Indonesia sehingga mereka akan membawa pulang pengalaman yang berharga.

Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek, Hendarman menambahkan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah iGeo diawali dengan kegiatan kunjungan gugus tugas untuk memperkenalkan Indonesia dan Jawa Barat, khususnya Kota Bandung.

“Penyelenggaraan iGeo di Indonesia adalah hasil kerja sama dari berbagai pihak, terutama Kemendikbudristek melalui Puspresnas yang didukung oleh Ikatan Alumni Tim Olimpiade Geografi Indonesia,” katanya. Kunjungan Task Force iGeo ke Indonesia diwakili oleh Su-Min Shen dari Department of Geography, National Taiwan Normal University serta Hana Svobodová dari Department of Geography, Faculty of Education, Masaryk University, Republik Ceko.

“Kami sangat senang bisa melakukan kunjungan ke Indonesia. Siswa-siswi dari Indonesia juga banyak berprestasi di ajang iGeo,” kata Hana Svobodová.

 

Pewarta : Astrid Faidlatul Habibah
Editor: I Komang Suparta

Kantor Berita ANTARA