Inilah Daftar 24 Negara Peserta Piala Dunia U-17

Fotografer memotret suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/1) malam. Renovasi stadion yang menelan biaya sebesar Rp769 miliar tersebut telah selesai dan rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/1/2018) petang sesaat sebelum dipergunakan untuk pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Timnas Islandia. (ANTARA /Sigid Kurniawan)

INFODENPASAR, Jakarta – Pada Jumat (23/06/2023) pekan lalu, Dewan FIFA resmi menunjuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan diikuti oleh 24 negara.

Ajang tersebut awalnya akan digelar di Peru pada 2021. Namun, pandemi COVID-19 membuat Piala Dunia U-17 harus digeser ke 2023, dan kemudian Peru gagal memenuhi kesiapan infrastruktur setelah empat tahun dinyatakan sebagai tuan rumah.

Indonesia sendiri berhak tampil di turnamen tersebut dan menjadi satu-satunya wakil kawasan Asia Tenggara karena berstatus sebagai tuan rumah.

Dari benua Asia total terdapat lima wakil. Selain Indonesia, wakil-wakil lainnya dari Asia adalah Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Uzbekistan.

Sedangkan dari benua Eropa, terdapat lima wakil. Mereka adalah Spanyol, Inggris, Prancis, Jerman, dan Polandia.

Kawasan kuat lainnya, Amerika Selatan, memiliki empat perwakilan, yakni Brazil, Argentina, Kolombia, dan Ekuador.

Sedangkan kawasan Amerika Utara dan Tengah diwakili oleh Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, dan Panama.

Benua Afrika meramaikan dengan empat wakilnya yakni Mali, Burkina Faso, Maroko, dan Senegal.  Kemudian wakil-wakil dari Oseania yang melengkapi  Piala Dunia U-17 2023 yakni Selandia Baru dan Kaledonia Baru.

Indonesia sebelumnya sempat memiliki status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, yang dijadwalkan berlangsung pada Mei silam. Namun di tengah gelombang penolakan dari sejumlah elemen masyarakat terkait kedatangan timnas Israel sebagai peserta, FIFA memutuskan membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah ajang itu pada April.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono

Kantor Berita ANTARA