Intip Fitur Baru yang Hanya Ada iphone 14 Versi Pro

Logo Apple. (REUTERS/MIKE SEGAR)

INFODENPASAR, Jakarta – Apple diperkirakan akan meluncurkan empat model iPhone 14 tahun ini, satu fitur baru hanya ada untuk versi Pro.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (30/05/2022), informasi dari jurnalis Bloomberg Mark Gurman, yang dikenal akurat memberikan bocoran soal gawai Apple, menyebutkan iPhone 14 versi Pro akan memiliki fitur layar yang selalu menyala, always-on.

Fitur always-on sudah tidak asing bagi pengguna Android. Ketika fitur ini dinyalakan, pengguna tetap bisa melihat sejumlah notifikasi, misalnya jam dan tanggal, meski pun ponsel dalam mode tidur (sleep mode).

Fitur ini semula dikabarkan hadir di iPhone 13 Pro dan Pro Max, namun, tidak jadi.

Menurut Gurman, fitur ini akan hadir melalui sistem operasi iOs 16, namun, hanya untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Analis industri Ross Young menyatakan kedua model iPhone 14 itu akan menggunakan teknologi yang bisa menurunkan refresh rate hingga 1Hz, lebih rendah dibandingkan kemampuan iPhone 13 Pro dan Pro Max yang baru bisa menurunkan hingga 10Hz.

iPhone 13 Pro dan Pro Max menggunakan teknologi berrnama low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) untuk fitur refresh rate dinamis. Refresh rate dinamis akan berubah mengikuti kegiatan di ponsel.

Misalnya, ketika sedang bermain game, refresh rate ponsel akan menggunakan yang terbesar, 120Hz.

Menurut Young, teknologi LTPO yang nanti disematkan pada iPhone 14 Pro dan pro Max akan membuka jalan untuk fitur always-on.

Apple diperkirakan meluncurkan iPhone 14 pada September, sesuai tradisi mereka. iPhone 14 versi Pro dikabarkan akan menggunakan chip terbaru A16.



Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor : Ida Nurcahyani

Kantor Berita ANTARA