Jelang Nyepi, Umat Hindu Makassar Gelar “Festival Banjar”

Suasana kegiatan menyambut Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1942 oleh pengurus Banjar dan warga Kota Makassar, Minggu (8/3/1020). ANTARA Foto/HO-Komang Ayu

INFODENPASAR.ID, Makassar  – Umat Hindu di Kota Makassar Sulawesi Selatan  menggelar Festival in Banjar yang dirangkaikan dengan gerak jalan santai menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942.

“Gerak jalan santai ini diikuti kurang lebih 500 peserta yang terdiri dari siswa-siswi Pasraman Hindu dan seluruh umat Hindu yang ada di Kota Makassar,” kata Ketua Panitia Perayaan Nyepi 2020, I Gede Arya Pering Arimbawa di Makassar, Minggu )8/3/2020).

Dia mengatakan, gerak jalan santai tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari Festival Banjar untuk memeriahkan Perayaan Nyepi 2020 yang dipusatkan di pelataran Pura Giri Natha Makassar.

Sementara Festival Banjar merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali silatuhrahmi umat Hindu yang ada di Kota Makasaar, khususnya dalam menyambut perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1942.

Festival yang tidak hanya dimeriahkan dengan gerak jalan santai ini, juga terdapat lomba mewarnai yang diikuti oleh siswa-siswi pasraman Hindu, kemudian senam bersama, dan pembagian doorprise dengan hadiah puluhan juta rupiah.

Selain itu, lanjut Arya, pada 15 Maret 2020 juga akan dilaksanakan Festival Bali yang diikuti oleh seluruh umat Hindu yang berada di Kota Makassar dengan menghadirkan lomba memasak kuliner khas Bali, tari-tarian Bali, musik Bali, dan aksi sosial donor darah.

Sementara itu, Ketua Banjar Hindu Kota Makassar, I Made Semadi mengatakan Festival Banjar ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Makassar dan momen ini diharapkan bisa menumbuhkan bakat pengusaha-pengusaha kecil di bidang kuliner.

“Harapannya melalui Festival Banjar ini lebih mempererat kekerabatan antar anggota banjar serta yang paling penting melestarikan budaya di bidang seni memasak.” pungkasnya. ​​​​​


Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Heru Dwi Suryatmojo

Suasana kegiatan menyambut Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1942 dengan lomba menggambar pada Festival Banjar di Kota Makassar, Minggu (8/3/1020). ANTARA Foto/HO/Komang Ayu

Kantor Berita ANTARA