Kabupaten Badung Tambah Desa Wisata Jadi 17 Desa

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menyerahkan Piagam Penghargaan Peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kementerian Pariwisata Kreatif (Kemenparekraf). ANTARA/HO-Pemkab Badung

INFODENPASAR, Badung – Kabupaten Badung, Bali, menambah jumlah desa wisata di wilayahnya yang sebelumnya berjumlah 11 desa wisata menjadi 17 desa wisata.

“Badung menambah enam desa diantaranya Desa Wisata Bongkasa dan Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani Kecamatan Abiansemal, Desa Wisata Sobangan, Desa Wisata Cemagi, Desa Wisata Penarungan dan Desa Wisata Kecamatan Mengwi,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa di Mangupura, Rabu (03/11/2021).

Ia mengatakan, pembangunan desa menjadi sebuah prioritas bagi pemerintah sehingga dengan berkembangnya desa-desa di Indonesia akan berdampak kepada majunya bangsa Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut juga dilakukan di wilayah Badung, dari desa membangun Kabupaten Badung yang apabila dikaitkan dengan pengembangan pariwisata di Badung dimana sektor pariwisata merupakan sektor yang diandalkan oleh karena itu maka Badung terus mengembangkan desa wisata sebagai wisata alternatif dengan mengedepankan partisipasi masyarakat.

“Oleh karena itu saya menyambut baik bertambahnya jumlah desa wisata di Badung sesuai dengan Peraturan Bupati Badung Nomor 22 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Badung nomor 47 Tahun 2010 Tentang Penetapan Kawasan Desa Wisata di Kabupaten Badung,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap keberadaan desa wisata, Sekda Adi Arnawa juga telah menyerahkan Piagam Penghargaan Peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kementerian Pariwisata Kreatif (Kemenparekraf) kepada kepada sembilan desa wisata dan dua daya tarik wisata.

Desa wisata itu diantaranya adalah Desa Wisata Bongkasa Pertiwi, Desa Wisata Pelaga, Desa Wisata Petang, Desa Wisata Pangsan, Desa Wisata Sangeh, Desa Wisata Kapal, Desa Wisata Baha, Daya Tarik Wisata Pantai Pandawa Kutuh, Desa Wisata Munggu, Pantai Melasti Ungasan dan Desa Wisata Carangsari.

Adi Arnawa menjelaskan, pemerintah daerah dan pusat sangat memperhatikan keberadaan desa wisata, terbukti dengan adanya ADWI Tahun sebagai ajang pembinaan desa wisata di seluruh Indonesia.

“Di Badung tahun ini Desa Wisata Carangsari telah mampu masuk 50 besar nominasi ADWI Tahun 2021,” ungkap Sekda Adi Arnawa.


Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor : Zita Meirina

Kantor Berita ANTARA