Kapolri Sigit Prabowo Mutasi Tiga Kapolres di Bali

Arsip foto- Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisan Daerah Bali Komisaris Besar Polisi Stefanus Satake Bayu Setianto. ANTARA/Rolandus Nampu

INFODENPASAR, Denpasar – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap sejumlah Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) di Korps Bhayangkara, termasuk tiga orang Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) di wilayah Bali.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali Komisaris Besar Polisi Stefanus Satake Bayu Setianto dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Bali, Minggu (26/02/2023) mengatakan tiga Kapolres yang dimutasi adalah Kapolres Badung, Kapolres Gianyar dan Kapolres Tabanan.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/498/II/KEP/2023 dan ST/497/II/KEP/2023, tertanggal 26 Februari 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono.

Untuk Polda Bali, Satake Bayu menyampaikan ada enam Perwira Menengah yang mendapatkan promosi jabatan baru termasuk tiga orang Kapolres.

Pejabat Menengah Polri yang dimutasi di wilayah hukum Polda Bali adalah pertama, AKBP Ranefli Dian Candra yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tabanan diangkat menjadi Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Bali. 

Kedua, AKBP Leo Dedy Defretes yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Badung diangkat menjadi Kapolres Tabanan menggantikan AKBP Ranefli Dian Candra.

Selanjutnya, jabatan sebagai Kapolres Badung yang sebelumnya dijabat AKBP Leo Dedy Defretes sekarang diganti oleh AKBP Teguh Priyo Wasono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Direktorat 1 Ditreskrimsus Polda Bali.

Untuk jabatan Kapolres Gianyar yang baru dijabat oleh AKBP Ketut Widiada yang sebelumnya menjabat sebagai Pejabat Sementara Kasubbagarbelbar Bagrengarta Rojemengar Srena Polri.

Untuk AKBP I Made Bayu Sutha Sartana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Gianyar kini menjabat tugas baru sebagai Kabagbekum Prolog Polda Bali.

Selain itu, pejabat lain yang dimutasi adalah Kombes Pol I Made Sinar Subawa yang menjabat sebagai Wadirintelkam Polda Bali dan kini menempati posisi sebagai Pejabat Menengah Bareskrim Polri dengan penugasan baru pada Badan Narkotika Nasional.

“Mutasi ditubuh Polri merupakan hal yang biasa dikarenakan ada yang akan memasuki pensiun dan ada juga yang harus mendapatkan promosi jabatan,” kata Satake Bayu.


Oleh : Rolandus Nampu

Kantor Berita ANTARA