Kedubes Rusia Bersiap Untuk Kedatangan Putin Pada KTT G20 di Bali

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Rabu (7/0/2022). (ANTARA/Aria Cindyara)

INFODENPASAR, Jakarta – Kedutaan Besar Federasi Rusia di Jakarta melakukan persiapan untuk kedatangan Presiden Vladimir Putin ke Indonesia guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Pulau Bali pada November mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (07/09/2022).

“Kedutaan (Besar Rusia di Jakarta) memulai persiapan untuk kedatangan Putin ke Bali,” katanya.

Ia mengatakan bahwa Presiden Putin telah menerima undangan untuk menghadiri KTT G20 tersebut.

“Dari sisi Indonesia, Presiden Jokowi telah mengirimkan undangan ke Presiden Putin, undangan tersebut sudah diterima dengan rasa terima kasih,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa Putin berniat untuk menghadiri KTT tersebut secara langsung di Bali, namun hal itu masih bergantung dengan perkembangan sejumlah isu, termasuk terkait operasi militer Rusia di Ukraina, perkembangan pandemi COVID-19, dan situasi keamanan.

Vorobieva mengatakan bahwa Rusia terus mendukung isu-isu prioritas dalam presidensi Indonesia di G20 dan terus berpartisipasi dalam berbagai acara G20 yang digelar oleh Indonesia.

“Kami mendukung penuh presidensi Indonesia di G20 dan sangat mengapresiasi posisi Presiden dan Pemerintah Indonesia,” kata Vorobieva.

Rusia, kata dia, telah mempersiapkan dua orang musisi untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri kebudayaan G20 pada 12 September mendatang.

Rusia juga bersiap untuk berpartisipasi dalam pertemuan G20 di bidang parlemen di Jakarta pada Oktober.


Oleh : Aria Cindyara
Editor : Anton Santoso

Kantor Berita ANTARA