Kemenko Marves Susun Aturan Dana Abadi Untuk Pariwisata Berkualitas

Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata Provinsi Bali berbincang dengan wisatawan mancanegara saat rangkaian peluncuran program pungutan wisatawan asing untuk pelindungan kebudayaan dan lingkungan alam Bali di Sanur, Denpasar, Bali, Senin (12/2/2024). Tata pelaksanaan pungutan bagi wisatawan asing tersebut yakni setiap wisatawan asing yang berkunjung ke Bali dikenakan pungutan sebesar Rp150 ribu per orang yang berlaku mulai Rabu (14/2) dan dana yang diperoleh dalam program itu digunakan untuk pemeliharaan alam Bali, pelestarian budaya dalam rangka menjadikan Bali sebagai destinasi pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

INFODENPASAR, Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) menyusun rancangan peraturan tentang Dana Abadi Pariwisata Berkualitas yang melibatkan berbagai kementerian dan lembaga.

“Rancangan ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem pariwisata berkualitas,” ujar Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo RM. Manuhutu di Jakarta, Senin (22/04/2024).

Ekosistem pariwisata yang berkualitas, kata dia, berlandaskan pada empat pilar, yakni daya saing infrastruktur dasar, pengelolaan pariwisata berkelanjutan, keunikan destinasi, dan layanan pariwisata bernilai tinggi.

Menurut Odo, salah satu upaya konkret dalam mewujudkan pariwisata berkualitas adalah konservasi lingkungan dengan melakukan rehabilitasi hutan bakau.

“Hutan bakau mempunyai kapasitas besar dalam menyerap karbon,” kata dia.

Sebagaimana riset dari CIFOR, ujar Odo, hutan bakau merupakan salah satu hutan terkaya karbon di kawasan tropis. Hutan tersebut mengandung lebih dari 1.000 Mg karbon per hektare.

Lebih lanjut, Odo mengatakan bahwa wacana pengembangan pariwisata berkualitas melalui partisipasi aktif berbagai pihak terkait masih dalam tahap kajian awal, serta diskusi yang melibatkan berbagai sektor.

Odo menjelaskan bahwa kajian tersebut mempertimbangkan upaya untuk mendukung peningkatan target pergerakan wisatawan nusantara.

“Berbagai kebijakan terkait pariwisata berkualitas bertujuan untuk memberikan manfaat signifikan yang dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat. Upaya ini sekaligus mendukung Indonesia Emas 2045,” kata Odo.

Selain terkait dana abadi, Odo juga membahas upaya pengembangan pariwisata berkualitas di Indonesia melalui Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Melalui gerakan tersebut, pemerintah menetapkan target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1,25–1,5 miliar perjalanan pada 2024 dengan potensi pendapatan pariwisata sekitar Rp3 ribu triliun.

“Target tersebut ditetapkan dalam rangka BBWI yang telah didukung oleh beberapa kebijakan, termasuk diskon tarif tol, integrasi paket kunjungan wisata dengan kereta api, penyelenggaraan event nasional dengan sistem perizinan yang terintegrasi melalui OSS,” kata Odo.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Ahmad Buchori

Kantor Berita ANTARA