Kemenparekraf Harapkan Rute New Delhi-Denpasar Genjot Kunjungan Wisman

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini saat penyambutan penerbangan maskapai Vistara dengan rute New Delhi-Denpasar di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (1/12/2023). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari.

INFODENPASAR, Badung – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengharapkan penerbangan perdana maskapai Vistara dengan rute New Delhi-Denpasar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asal India ke Indonesia.

“Penerbangan ini kabar baik bagi konektivitas langsung dari India ke Pulau Dewata semenjak penerbangan rute Mumbai-Denpasar berhenti beroperasi pada 2019 silam. Adanya konektivitas ini diharapkan bisa membantu lebih banyak lagi turis datang khususnya untuk tahun depan karena kami memiliki target kunjungan wisman yang lebih tinggi,” ujar Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini saat menyambut penerbangan perdana itu di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (01/12/2023).

Pada penerbangan perdananya itu, maskapai Vistara menggunakan pesawat Airbus A321LR dengan nomor penerbangan UK145 yang mendarat di Bandara Bali dengan mengangkut 185 orang penumpang.

Penerbangan langsung Delhi-Bali-Delhi itu dijadwalkan akan beroperasi setiap hari dengan rute Delhi-Bali yang dilayani penerbangan UK145 yang berangkat dari Delhi pada pukul 00.30 waktu setempat, serta mendarat di Bali pada pukul 11.05 WITA.

Sedangkan untuk rute sebaliknya akan dilayani dengan penerbangan UK146 dengan waktu keberangkatan dari Bali pada pukul 12.10 WITA, serta dijadwalkan tiba di Delhi pada pukul 17.45 waktu setempat.

Marthini menjelaskan wisatawan asal India merupakan wisatawan yang potensial dan telah menempati peringkat kedua kunjungan wisatawan mancanegara di Bali.

Mereka juga menempati peringkat enam kunjungan wisman ke Indonesia secara keseluruhan dengan catatan 444.768 kunjungan hingga bulan September 2023 lalu.

“Adanya kemudahan konektivitas ini tentunya senantiasa kami dukung secara berkelanjutan, sehingga dapat bertahan dan terus bertambah kedepannya. Beberapa waktu terakhir ini turis dari India ke Indonesia perkembangannya sangat luar biasa,” jelas dia.

Sementara itu Chief Executive Officer Vistara Vinod Kannan mengungkapkan, Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan asal India, oleh karena itu pihaknya bangga saat ini dapat menjadi satu-satunya maskapai yang menawarkan konektivitas langsung antara Delhi dan Bali.

Ia juga meyakini Vistara yang menawarkan produk dan pelayanan kelas dunia akan menjadi prioritas pilihan bagi para wisatawan pada rute Delhi-Bali-Delhi dengan pesawat A321LR yang menawarkan tiga pilihan kelas dengan berbagai fasilitas bagi para penumpangnya.

“Menimbang bahwa ada kedekatan hubungan bisnis dan kebudayaan antara kedua negara, yakni Indonesia dan India, Bali juga telah semakin berkembang menjadi destinasi utama untuk pelancong korporasi maupun MICE. Kami senang bisa mendatangkan penerbangan maskapai ini ke Bali,” ujarnya.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Faisal Yunianto

Kantor Berita ANTARA