Kenali Batasan Tubuh Terhadap Makanan Bersantan

Ilustrasi opor ayam, salah satu hidangan khas Lebaran (ist)

INFODENPASAR.ID, Jakarta – Setiap orang memiliki batas toleransinya masing-masing pada makanan bersantan.

Ahli gizi dari Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Christina Andhika Setyani mengatakan batasan sesorang terhadap makanan itu berbeda. “Orang yang memiliki riwayat masalah pencernaan maka sebaiknya hindari makanan pedas dan bersantan karena akan menimbulkan diare,” jelas Christina Andhika Setyani melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Senin (25/05/2020).

Yang bisa dilakukan adalah menyadari dan mengenali batas kemampuan diri soal makanan.

Christina menjelaskan secara umum Kementerian Kesehatan menyarankan tingkat konsumsi normal untuk gula adalah 54gr (4sdm), garam 2000mg, natrium 1 sendok teh dan lemak atau minyak 72 gr atau 5 sendok makan untuk seluruh asupan makan per hari. Batas batas inilah yang harus diperhatikan dalam konsumsi makanan terutama makanan lebaran yang notabene mengandung banyak lemak, garam dan gula.

Asupan gula, garam dan lemak yang berlebih dalam waktu lama akan meningkatkan risiko penyakit tidak menular lain seperti diabetes, jantung, hipertensi.

Oleh sebab itu Christina menyarankan supaya lebih pintar dalam mengenali batas diri terhadap makanan, apalagi jika sudah memiliki riwayat penyakit tertentu seperti diabetes, kolesterol tinggi, jantung dan hipertensi yang lama.

“Sudah pasti jumlah asupan makanan bersantan dan gula tinggi harus diatur dan diperhatikan kembali,” tambah Christina.

Pewarta : Maria Rosari Dwi Putri
Editor : Alviansyah Pasaribu

Kantor Berita ANTARA