Kesbangpol Bali Bagikan 7.500 Bendera Merah Putih

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali Dewa Putu Mantera saat membagikan Bendera Merah Putih di simpang Sanur, Denpasar, Rabu (10/8/2022). ANTARA/HO-Pemprov Bali.

INFODENPASAR, Denpasar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali membagikan sebanyak 7.500 Bendera Merah Putih, untuk menyukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali Dewa Putu Mantera disela-sela pembagian Bendera Merah Putih di Sanur, Denpasar, Rabu (10/08/2022) mengatakan kegiatan tersebut sekaligus melanjutkan Gebyar Merah Putih yang sebelumnya dibuka oleh Wakil Gubernur Bali.

Meskipun hujan deras, Dewa Mantera bersama puluhan jajaran Badan Kesbangpol Provinsi Bali tampak menyerahkan Bendera Merah Putih kepada masyarakat yang sedang berkendara untuk menunggu pergantian lampu merah di perempatan simpang KFC Desa Sanur, Kota Denpasar.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mensosialisasikan dan membangkitkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia,” ujarnya.

Pembagian Bendera Merah Putih tersebut merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden melalui Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 003.1/4397/SJ.

Ia menambahkan, pembagian Bendera Merah Putih ini untuk mensosialisasikan kepada pelajar, mahasiswa, organisasi masyarakat, partai politik dan masyarakat umum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme dan rasa cinta terhadap Tanah Air.

“Selain itu, dengan pembagian bendera gratis untuk mengajak seluruh masyarakat turut memeriahkan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih dengan memasangnya,” ucapnya.

Dewa Mantera berharap pemasangan bendera tidak hanya secara simbolik saja, namun perlu juga adanya internalisasi.

“Pemasangan Bendera Merah Putih juga harus disikapi dengan rasa menjunjung tinggi makna kemerdekaan, terlebih momentum kemerdekaan RI harus menjadi langkah awal untuk melakukan introspeksi diri untuk terus berubah ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Dewa Mantera, mampu tumbuh menjadi karakter dan berkepribadian yang unggul.


Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor : Nurul Hayat

Kantor Berita ANTARA