Kota Denpasar Luncurkan Jaya Gupta Untuk Tingkatkan Pelayanan Pendidikan

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara berbincang dengan siswa di sela-sela acara peluncuran aplikasi Jaya Gupta di Denpasar, Rabu (29/11/2023). (ANTARA/HO-Pemkot Denpasar)

INFODENPASAR, Denpasar – Pemerintah Kota Denpasar di Provinsi Bali meluncurkan inovasi yang dinamai Jaringan Pelayanan Guru dan Tenaga Pendidikan atau Jaya Gupta dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di Denpasar, Rabu (29/11/2023), menyampaikan bahwa aplikasi Jaya Gupta ditujukan untuk membantu para guru agar bisa lebih fokus mengajar dan membantu tenaga kependidikan agar lebih efisien dalam mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

“Kami percaya bahwa pengembangan aplikasi Jaya Gupta dalam pelayanan pendidikan untuk guru dan tenaga kependidikan merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui teknologi, kita dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih responsif, efisien, dan mendukung perkembangan pesat dalam dunia pendidikan,” katanya.

Wali Kota mendorong semua pihak untuk berkontribusi dalam pembangunan Kota Denpasar, termasuk dalam pembangunan bidang pendidikan.

“Dengan semangat Sewaka Dharma dan Vasudaiva Khutumbakam kita perkuat gotong royong, termasuk dalam peningkatan kualitas pelayanan sektor pendidikan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana menyampaikan bahwa Jaya Gupta diharapkan dapat menyediakan informasi yang akurat dan akuntabel mengenai pelayanan pendidikan, utamanya bagi guru, tenaga pendidikan, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.

“Marilah kita bersama-sama mendukung dan aktif berpartisipasi dalam pengembangan inovasi aplikasi pelayanan pendidikan. Dukungan ini tidak hanya mencakup pemahaman dan penerimaan terhadap teknologi baru, tetapi juga kolaborasi antara anggota Korpri, pemerintah daerah, dan para pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya.

Aplikasi Jaya Gupta dikembangkan oleh Pemerintah Kota Denpasar bersama Universitas Negeri Surabaya.

Direktur TI dan Kerja Sama Universitas Negeri Surabaya Prof. Selamet Setiawan, Ph.D berharap Jaya Gupta dapat membantu meningkatkan profesionalisme dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor : Widodo Suyamto Jusuf

Kantor Berita ANTARA