Krisis Alat Perlindungan Diri, Masker dan Alkohol Rumah Sakit di Bali

Ketua Persi Bali dr. I Gusti Ngurah Agung Anom.MARS (tengah). foto ist.

INFODENPASAR.ID, Denpasar – Di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia, Rumah Sakit di Bali mengalami krisis Alat Perlindungan Diri (APD). Hal ini disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Bali dr.I Gusti Ngurah Agung Anom, MARS dengan bersurat langsung kepada Gubernur Bali terkait kelangkaan logistik menghadapi bencana nasional Covid-19.

Adapun yang dianggap sudah krisis antara lain, alat perlindungan diri, alkohol 70% dan 96%, Hand Sanitizer, masker N 95, masker bedah, handscoen disposable, thermal gun.

“Kami berharap petugas kesehatan yang merawat pasien Covid-19 ini juga aman dalam bekerja sesuai standar WHO.” Dokter Anom meminta agar Gubernur Bali bisa segera memenuhi logistik tersebut, apalagi pada saat Nyepi, karena komunikasi dan informasi akan sangat menurun intensitasnya. Apalagi mobilitas keluar tidak dibolehkan.

Hal yang sama sudah disuarakan oleh Ketua ARSSI Bali Dr. dr. I.B.G. Fajar Manuaba, Sp.OG, MARS, bahwa pihaknya di rumah sakit swasta di Bali mengalami kelangkaan serupa. Sebagai bagian dari Persi, pihaknya telah berusaha memenuhi kebutuhan logistik tersebut, namun sangat sulit ditemukan di pasaran. Karena itu, pihaknya meminta dengan sangat, agar Gubernur Bali dengan segera memenui kebutuhan logistik tersebut.

Pewarta : Iwan Darmawan

INFODENPASAR.ID