Menko Airlangga Mengajak Delegasi G20 Selami Filosofi Masyarakat Bali

Menteri Koordinator Airlangga Hartarto memberikan sambutan secara virtual dalam Welcome Reception untuk Delegasi Sherpa G20 di Bali, Kamis (10/11/2022). (ANTARA/HO-KemenkoEkonomi/pri)

INFODENPASAR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak Delegasi Sherpa G20 dan tamu undangan untuk menyelami filosofi masyarakat Bali dalam membina harmoni antara manusia, alam, dan Sang Pencipta.

Hal itu ia sampaikan saat menyambut para Delegasi Sherpa G20 dan tamu undangan dalam agenda Sunset Welcome Reception Delegasi Pertemuan Sherpa G20 keempat di Sunset Bar Lawn, InterConinental Bali Resort, Bali, Kamis (10/11/2022).

“Kuncinya adalah mencapai keseimbangan. Dengan agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 sebagai penunjuk arah kita, kita harus mempertimbangkan solusi paling efektif untuk krisis multidimensi yang sedang berlangsung dan tetap rendah hati dalam keterbatasan kita sebagai manusia,” kata Airlangga sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Kamis.

Lebih lanjut, Menko Airlangga mengatakan bahwa sebagai perwakilan negara berkembang dan satu-satunya anggota G20 dari Asia Tenggara, inklusivitas menjadi sangat penting bagi Indonesia dan harus saling membantu untuk melalui masa-masa yang sulit ini.

Ia juga menyampaikan bahwa para pemimpin negara anggota G20 menanti para Delegasi Sherpa untuk bersama-sama menghasilkan versi terbaik dari G20 Leaders’ Declaration yang menunjukkan kolaborasi global.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa krisis yang dihadapi dunia saat ini penuh dengan risiko dan rintangan. Jadi, para pemimpin mengandalkan Anda, atas kebijaksanaan, solusi, dan inovasi untuk pemulihan ekonomi global,” katanya.

Adapun dalam acara sambutan tersebut, Indonesia menghadirkan Nusantara Culinary Journey untuk mengajak para Delegasi berkeliling Indonesia melalui beragam hidangan yang disajikan.

“Jadi pertama-tama, saya ingin memberikan pujian atas semua kerja keras Saudara sekalian, Sherpa G20, atas upaya yang telah kita capai bersama selama ini,” ungkap Airlangga.


Oleh : Sanya Dinda Susanti
Editor : Budi Suyanto

Kantor Berita ANTARA