Menlu Rusia Akan Hadiri Pertemuan Menlu G20 di Bali

Tangkapan layar - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov saat berbicara dalam sebuah konferensi pers di Moskow, Rusia, Jumat (14/1/2022). ANTARA/XINHUA/am.

INFODENPASAR, Sydney – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan menghadiri pertemuan para menlu negara-negara G20 di Bali pekan depan, kata pejabat kedutaan besar Rusia di Indonesia, Selasa (28/06/2022).

Juru bicara kedubes Rusia di Jakarta, Denis Tetiushin, kepada Reuters memastikan bahwa Lavrov akan mengikuti pertemuan tingkat menteri luar itu, yang akan berlangsung pada 7-8 Juli.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI belum dapat memastikan kebenaran kabar itu.

Invasi Rusia ke Ukraina, yang disebut Moskow sebagai “operasi khusus”, telah membayangi ajang G20 tahun ini.

Beberapa negara Barat mengancam akan memboikot pertemuan para pemimpin G20 kalau Presiden Rusia Vladimir Putin hadir pada pertemuan itu.

Partisipasi Rusia pada acara-acara G20 telah menjadi sumber ketegangan.

Di antara ketegangan yang mengemuka adalah ketika para pejabat Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada melakukan aksi walkout ketika pertemuan ekonomi G20 berlangsung pada April.

Indonesia, sebagai ketua G20, selama ini berupaya untuk mempersatukan para anggota G20 dan telah mengundang pemimpin Rusia maupun Ukraina untuk menghadiri KTT G20 pada November

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertemu dengan presiden Ukraina serta Rusia selama lawatannya ke Kiev dan Moskow pekan ini dengan membawa misi membangun perdamaian.

Selama kunjungan itu, Jokowi juga berharap bisa membicarakan upaya membuka ekspor gandum.

Jokowi pada Selasa berada di Polandia dan akan berangkat dengan kereta api ke Kiev, menurut pernyataan kantor kepresidenan RI.


Sumber: Reuters

Pewarta : Tia Mutiasari
Editor : Atman Ahdiat

Kantor Berita ANTARA