Home NASIONAL Menparekraf: ATF 2023 Picu Percepatan Pemulihan Wisata di Kawasan ASEAN

Menparekraf: ATF 2023 Picu Percepatan Pemulihan Wisata di Kawasan ASEAN

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. ANTARA/ (Humas Kemenparekraf)

INFODENPASAR, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menuturkan gelaran ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 akan memicu percepatan pemulihan wisata di kawasan ASEAN essauo pencabutan pembatasan kegiatan atau PPKM.

“Karena ASEAN paling lambat disbanding Eropa Amerika, pemulihannya tergolong lebih lambat,” ujarnya dalam The Weekly Brief With Sandi Uno yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (30/01/2023).

Sandiaga juga menuturkan tiga pasar utama ASEAN yakni Thailand, Indonesia, dan Malaysia memang bertumbuh, namun tidak memberikan kontribusi setara bila dibandingkan dengan Eropa dan Amerika Serikat.

Melalui ATF 2023, lanjut dia, sebanyak 150.308 delegasi eksibisi travel exchange (travex) peserta business to business (b to b) serta 136 confirmed buyers dari 29 negara diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi sebesar 100 juta miliar dolar AS.

Ajang pariwisata internasional terbesar di kawasan ASEAN ini juga diharapkan berkontribusi pada kuantitas atau banyaknya penerbangan internasional langsung (direct) ke Tanah Air, terutama ke destinasi pariwisata superprioritas (DSP).

“Ada beberapa kesepakatan mungkin nanti dengan Qatar, masakapai lain bisa langsung ke destinasi Indonesia termasuk ke Yogyakarta,” paparnya.

Indonesia yang mengemban tugas sebagai Ketua ASEAN 2023, melalui ajang ini turut diharapkan mendorong citra ASEAN sebagai sebuah destinasi tunggal/utama sesuai dengan semangat dalam G20 yakni sebagai agen transformasi yang berpusat pada pariwisata berbasis masyarakat.

“Mari kita gunakan melebihi dari seremoni semata, tapi juga mendorong semangat kita berkolaborasi, kita memang siap berkompetisi, tapi banyak peluang jika kita berkolaborasi,” tukasnya.


Oleh : Sinta Ambarwati
Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA

Exit mobile version