Menparekraf: Perppu Cipta Kerja Ciptakan Investor dan Lapangan Kerja

Menparekraf Sandiaga Uno dalam Rapat Koordinasi Program Kerja Tahun 2023-2024 K/L dan Pelaksanaan IKU Strategis Nasional di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (8/2/2023). ANTARA/HO-Humas Kemenparekraf/pri.

INFODENPASAR, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Barekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Cipta Kerja mampu membantu mendatangkan investor dan menciptakan lapangan kerja.

“Perppu ini menjadi pesan yang sangat jelas bagi dunia usaha dan menciptakan lapangan kerja,” ujar Sandiaga dalam diskusi “Ngobrol Santai bersama Mas Menteri” di Jakarta, Selasa (14/02/2023).

Sandiaga mengatakan, dunia usaha termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memerlukan deregulasi agar pertumbuhannya lebih cepat. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 mencapai 5,31 persen. Ini merupakan pertumbuhan tertinggi setelah 2013.

Lebih lanjut, Kemenparekraf pada tahun 2022 telah menciptakan 3,3 juta lapangan pekerjaan dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Menurut Sandiaga, angka tersebut bisa lebih tinggi jika didorong dengan reformasi struktural, termasuk menargetkan investasi sebesar Rp1.400 triliun.

Sementara itu, target kunjungan wisatawan mancanegara pada 2023 sebesar 7,4 juta. Menurut Sandiaga, angka tersebut sangatlah besar dan dibutuhkan strategi khusus.

Oleh karenanya, dibutuhkan sebuah lokomotif untuk mempercepat daya tarik investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Harapannya bisa kita capai dengan Perppu ini dan tentunya akan lebih banyak investasi yang hadir di destinasi super prioritas,” kata Sandiaga.

Sandiaga menyampaikan, Perppu Cipta Kerja dinilai dapat meningkatkan minat investasi pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya pada destinasi super prioritas.

Menurut Sandiaga, untuk mencapai target investasi Rp1.400 triliun, tidak bisa menggunakan cara-cara lama. Oleh karenanya, Perppu Cipta Kerja diharapkan dapat memberikan perizinan yang mudah, cepat, efektif dan efisien.

“Perppu ini kita harapkan akan menghadirkan perizinan yang mudah, cepat dan tepat, berjalan dalam koridor yang menjunjung transparansi, akuntabilitas, efisien, dan proses perizinan yang bersih sehingga target 4,4 juta lapangan kerja bisa kita ciptakan dari ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.


Oleh : Maria Cicilia Galuh Prayudhia

Kantor Berita ANTARA