Menparekraf Targetkan Penggunaan Kendaraan Listrik di Nusa Penida

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat meninjau kesiapan infrastruktur pendukung wisata di Nusa Penida, Klungkung, Bali, Sabtu (17/9/2022). ANTARA/HO-Humas Pemkab Klungkung

INFODENPASAR, Klungkung – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan penggunaan kendaraan listrik untuk menunjang kegiatan wisata di Nusa Penida, Klungkung, Bali, Sabtu (17/09/2022).

Penggunaan kendaraan listrik tersebut, kata dia, dapat  mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

Sandiaga Uno saat mengunjungi beberapa destinasi wisata di Nusa penida seperti Kelingking Beach, Angel Billabong dan Broken Beach mengaku gembira dengan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang terus meningkat dari hari ke hari.

Kondisi itu, menurut dia, berpengaruh positif untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat di sekitar kawasan wisata di daerah itu.

Oleh karena itu, ia berkomitmen akan menindaklanjuti permintaan Pemerintah Kabupaten Klungkung yakni menambahkan hal-hal penunjang perkembangan pariwisata baik dari insfrastruktur jalan, maupun pemenuhan kebutuhan air di Nusa Penida.

Ia pun berharap Nusa Penida akan menjadi jangkar dan berlian segitiga emas untuk menumpang perekonomian di Kabupaten Klungkung.

“Mari bersama-sama jaga potensi yang ada di Nusa Penida, baik itu potensi alam maupun budayanya. Mudah-mudahan perkembangan angka kunjungan wisata yang semakin meningkat dapat memulihkan kembali perekonomian masyarakat,” kata Sandiaga Uno.

Sementara itu, untuk mempercepat pemulihan industri Pariwisata di Kabupaten Klungkung, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meminta kepada Sandiaga Uno untuk mengabulkan permohonan penataan dan peningkatan fasilitas penunjang pariwisata, khususnya yang ada di Nusa Penida.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta berharap agar Sandiaga Uno berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk membantu penanganan Infrastruktur jalan, listrik maupun air, sebab Nusa Penida yang merupakan titik ungkit pariwisata Kabupaten Klungkung masih membutuhkan banyak infrastruktur pendukung.

Pemerintah Kabupaten Klungkung saat ini sedang berencana untuk mengembangkan sistem one gate one destination, sehingga nantinya wisatawan yang berkunjung di tempat wisata Klungkung cukup dikenakan satu retribusi untuk menikmati satu tempat destinasi.

Selain itu, Bupati juga meminta agar pelaku wisata, bersama-sama melaksanakan tugas dan kewajiban menjadi pelaku pariwisata yang baik, sopan dan santun sesuai dengan slogan “Gema Santi”.

“Mudah-mudahan dengan kunjungan Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) ke Nusa Penida ini nantinya dapat memberikan dukungan untuk perkembangan pariwisata di tempat ini,” kata dia.

Dalam kunjungannya ke Nusa Penida hari ini, Sandiaga Uno ditemani oleh Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Anak Agus Putra Wedana dan Camat Nusa Penida I Komang Widiyasa Putra.


Oleh : Rolandus Nampu
Editor : Satyagraha

Kantor Berita ANTARA