Meta Berencana Tambahkan AI ke Whatsapp, Instagram, dan Messenger

A 3D printed Facebook's new rebrand logo Meta is seen in front of displayed Google logo in this illustration taken on November 2, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration (REUTERS/DADO RUVIC)

INFODENPASAR, Jakarta (06/03/2023) – Meta, perusahaan induk dari Facebook dan Instagram, mengumumkan bahwa konglomerat teknologi tersebut ingin menambahkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ke dalam layanannya saat ini seperti Whatsapp, Instagram, dan Messenger pada tahun ini.

CEO Meta Platform dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan di media sosial bahwa perusahaan membuat grup produk tingkat atas baru di Meta yang berfokus pada AI generatif untuk meningkatkan pekerjaan mereka di industri tersebut.

Dalam pernyataannya, Meta mengatakan bahwa dalam jangka panjang, perusahaan terlihat fokus pada pengembangan “AI persona” yang dapat membantu orang dalam berbagai cara.

Pernyataan tersebut juga mengungkapkan bahwa AI dapat diintegrasikan ke dalam portofolio produk perusahaan saat ini seperti Whatsapp, Messenger, dan Instagram.

“Kami mengeksplorasi pengalaman dengan teks (seperti obrolan di WhatsApp dan Messenger), dengan gambar (seperti filter Instagram kreatif dan format iklan), dan dengan pengalaman video dan multi-modal,” kata Mark dalam pernyataannya.

Selain itu, laporan Bloomberg mencatat bahwa tim AI di Meta akan dipimpin oleh Ahmad Al-Dahle, yang merupakan eksekutif pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan.

Dia melapor langsung ke Meta Chief Product Officer Chris Cox, yang menurut laporan tersebut merupakan tanda signifikan bahwa perusahaan bermaksud untuk lebih mengintegrasikan AI ke dalam berbagai produk dan layanan online.

Namun, Meta menegaskan kembali bahwa perusahaan masih dalam tahap pertumbuhan AI, karena menyatakan bahwa perusahaan memiliki banyak pekerjaan dasar yang harus dilakukan sebelum mencapai pengalaman yang benar-benar futuristik.

Sebagai catatan penutup dari pengumuman tersebut, Mark Zuckerberg berkomentar bahwa dia bersemangat dengan semua hal baru yang akan dibangun Meta. Demikian disiarkan Gizmochina, Minggu (5/3) waktu setempat.

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri

Kantor Berita ANTARA