Netflix Raih Banyak Kemenangan di Oscar 2023

"All Quiet on the Western Front" Netflix raih penghargaan di Oscar 2023. (Netflix)

INFODENPASAR, Jakarta – Platform streaming Netflix berhasil meraih kemenangan besar di Academy Awards ke-95 dengan menyabet banyak penghargaan termasuk Oscar film fitur internasional untuk “All Quiet on the Western Front” dan film fitur animasi untuk “Guillermo del Toro’s Pinocchio”.

Secara keseluruhan Netflix memenangkan enam piala Oscar dari total 16 nominasi tahun ini, sebagaimana dilaporkan Variety pada Senin (13/03/2023).

“All Quiet on the Western Front” karya sutradara Edward Berger yang dinominasikan pada sembilan kategori, memenangkan empat penghargaan yakni Fitur Internasional dan Sinematografi (James Friend), Original Score (Volker Bertelmann), dan desain produksi (Christian M. Goldbeck, Ernestine Hipper).

Sebelumnya, film yang mengambil latar akhir masa Perang Dunia I itu telah mendominasi BAFTA Awards di Inggris Raya dengan tujuh kemenangan yaitu film terbaik, sutradara, skenario adaptasi, sinematografi, tata suara, original score, dan film non-bahasa Inggris.

Sementara itu, “Guillermo del Toro’s Pinocchio” mengalahkan empat pesaing lainnya dalam kategori film fitur animasi, yakni “The Sea Beast” dari Netflix, “Marcel the Shell With Shoes On” dari A24, “Puss in Boots: The Last Wish” dari Universal-DreamWorks Animation, dan “Turning Red” dari Disney-Pixar.

Netflix juga memenangkan kategori film pendek dokumenter untuk “The Elephant Whisperers”. Film tersebut mengikuti Bomman dan Bellie, pasangan pribumi di India selatan, yang mengabdikan hidup mereka untuk merawat bayi gajah yatim piatu bernama Raghu.

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Siti Zulaikha

Kantor Berita ANTARA