Pameran Merdeka Belajar 2024: Ajang Kolaborasi Lintas UPT Kemendikbudristek Provinsi Bali

Kepala BGP Provinsi Bali berkeliling mengunjungi booth UPT Kemdikbudristek di Pameran Merdeka Belajar

INFODENPASAR, Denpasar — Masih dalam perayaan Bulan Merdeka Belajar dan Hari Pendidikan Nasional, seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Provinsi Bali melaksanakan Pameran Merdeka Belajar (PMB) Tahun 2024. Agenda ini merupakan kolaborasi antara Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bali, LLDIKTI Wilayah VIII, Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bali, Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XV, Balai Bahasa Provinsi Bali, Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha, dan Politeknik Negeri Bali. Sebagai tuan rumah, Kepala BPMP Provinsi Bali, I Made Alit Dwitama, S.T., M.Pd., didampingi seluruh Kepala UPT lainnya, hadir untuk membuka kegiatan, pada Sabtu pagi lalu (25/05/2024).

Antusiasme peserta saat berkunjung ke booth BGP Bali (Ist)

Diawali dengan jalan sehat dan Senam Sekolah Sehat bersama seluruh peserta yang berasal dari berbagai kalangan pendidikan, mulai dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah dari seluruh jenjang pendidikan. Selain itu, antusiasme peserta juga terlihat saat mengikuti agenda yang telah disiapkan oleh masing-masing UPT, seperti Nonton Bareng Bioskop Keliling yang difasilitasi oleh BPK Wilayah XV, dan bazar buku oleh BPMP Provinsi Bali yang bekerja sama dengan  Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), serta BGP Provinsi Bali yang menyelenggarakan Pameran Guru Penggerak, Kaleidoskop BGP, dan Lokakarya Kepemimpinan Sekolah untuk satuan pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 Kota Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha menggelar Pameran Kampus Merdeka dan Lokakarya Penerapan Merdeka Belajar, Balai Bahasa Provinsi Bali mengadakan Sosialisasi UKBI dan Bijak Berbahasa di Media Sosial bagi Pelajar di Kota Denpasar, dan terdapat Lokakarya Penguatan Ekosistem Kolaboratif di Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana, serta masih banyak inovasi lainnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Heru Susanto, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa terselenggaranya kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen bersama dalam mendukung dan mengimplementasikan program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek. “Tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan berbagai inovasi dan kreasi dari masing-masing UPT, tetapi juga menjadi sarana untuk saling belajar dan bertukar pengalaman.” tegas beliau dalam laporannya. Beliau berharap kegiatan ini dapat menguatkan ekosistem pendidikan dan kebudayaan serta membangkitkan semangat kolaborasi dalam melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.

Pernyataan tersebut dikuatkan oleh Penanggung jawab kegiatan PMB 2024, I Made Alit Dwitama, S.Pd., M.Pd., sebagai Kepala BPMP Provinsi Bali, yang menyampaikan bahwa tantangan yang telah dilewati bersama, termasuk krisis pembelajaran, perlahan-lahan dapat diatasi dengan program Merdeka Belajar. Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari kolaborasi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam program Merdeka Belajar selama empat tahun ini. “Saya memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh UPT Kemendikbudristek di Provinsi Bali yang telah berkolaborasi dan terlibat dalam kegiatan PMB 2024 ini. Hari ini kita berkumpul bersama, kita kuatkan semangat kita untuk bergerak bersama, lanjutkan Merdeka Belajar”, tambah beliau sebelum membuka kegiatan Pameran Merdeka Belajar secara resmi.

Tari Panyembrahma oleh siswi SLB Negeri 3 Denpasar (Ist)

Kegiatan ini terselenggara selama 3 hari, pada tanggal 25 s.d. 27 Mei 2024, dan memperoleh perhatian dari seluruh aktor dan stakeholders di Provinsi Bali, khususnya Kota Denpasar. Dengan dukungan penuh dari panitia kegiatan, para aktor Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Kota Denpasar, satuan PAUD pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 1, dan perwakilan dari GTK Inovatif Provinsi Bali, serta seluruh mitra pendukung, pameran ini berlangsung dengan baik, sesuai yang direncanakan. Besar harapan kegiatan sejenis dapat dilaksanakan secara berkelanjutan untuk mempererat kerjasama, komunikasi, dan silaturahmi lintas UPT Kemendikbudristek di Provinsi Bali. (Ist)