Pecalang Bantu Pengamanan Perayaan Natal di Denpasar

Pecalang di Desa Pakraman membantu anggota jemaat menyebrangi jalan untuk menuju ke GPIB Maranatha guna menghadiri perayaan Natal 2023 di Kota Denpasar, Provinsi Bali, Senin (25/12/2023). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari.

INFODENPASAR, Denpasar – Satuan polisi adat yang dikenal dengan sebutan pecalang ikut membantu pengamanan pelaksanaan ibadah dan perayaan Natal tahun 2023 di Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Pecalang Banjar Abasan di Desa Pakraman membantu aparat kepolisian mengamankan pelaksanaan perayaan dan ibadah Natal di GPIB Maranatha, Denpasar Timur, serta mengatur lalu lintas kendaraan dan jemaat menuju ke gereja.

“Saya kerahkan semua 14 anggota pecalang untuk mengamankan dan mengatur lalu lintas juga,” kata Ketua Pecalang Banjar Abasan I Nyoman Gede Astana di Denpasar, Senin (25/12/2023).

Dia menyampaikan bahwa pecalang Banjar Abasan setiap tahun rutin membantu pengamanan pelaksanaan perayaan dan ibadah Natal di GPIB Maranatha, yang letaknya tidak jauh dari titik nol Kota Denpasar.

I Nyoman Gede Astana mengatakan bahwa setidaknya dalam delapan tahun terakhir dia memimpin pecalang untuk membantu pengamanan kegiatan umat beragama lain di wilayahnya.

“Setiap tahun turun temurun memang kami ada, karena ini wilayah kami, atensi dari banjar, kami dilibatkan untuk pengamanan penjagaan dari malam Natal juga,” katanya.

Menurut Rico Meidi Christian, pengurus organisasi pemuda dan anggota jemaat GPIB Maranatha, jemaat merasa terbantu dengan kehadiran pecalang.

“Kami terbantu sekali. Harapannya ya walau beda keyakinan kami bisa tetap erat bergandengan tangan mempersatukan Bali,” kata Rico.

Ia menambahkan, upaya pecalang membantu pengamanan pelaksanaan ibadah dan perayaan Natal menunjukkan bahwa toleransi antar-umat beragama di Bali sangat baik.

Pada perayaan Natal 2023, para pecalang membantu aparat kepolisian mengamankan 120 gereja di Kota Denpasar.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Maryati

Kantor Berita ANTARA