Pemkab Badung Pantau Ketersediaan Stok dan Harga Jelang Galungan

Pemantauan ketersediaan stok pangan dan harga barang menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan sejumlah pasar tradisional di wilayah Badung. ANTARA/HO-Pemkab Badung

INFODENPASAR, Badung – Pemerintah Kabupaten Badung, Bali melakukan pemantauan ketersediaan stok pangan dan harga barang menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan sejumlah pasar tradisional di wilayah itu.

“Pemantauan itu telah kami lakukan untuk memantau harga kebutuhan pokok dan stok kebutuhan pokok yang ada di Badung, khususnya di Pasar Kuta dan Pasar Jimbaran,” ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan I Made Widiana di Mangupura, Kamis (02/06/2022).

Ia mengatakan, sejumlah komoditas yang dipantau di antaranya beras, jagung, cabai, bawang merah, daging ruminansia, daging unggas, telur, kedelai, minyak goreng serta kebutuhan pokok lainnya.

Berdasarkan pemantauan yang juga bertujuan untuk menyediakan informasi harga dan pasokan pangan di tingkat produsen, pedagang grosir dan pedagang eceran secara berkala itu, menurutnya harga sejumlah komoditas sudah mulai naik, terutama barang kebutuhan untuk Hari Raya Galungan.

“Ketersediaan barang untuk hari raya akan tercukupi, tetapi karena permintaan yang tinggi maka akan meningkat,” kata I Made Widiana.

Pemantauan harga yang juga dilakukan di UD. Dewata Sembako itu juga dilakukan oleh Asisten Perekonomian Pembangunan IB Gede Arjana, Staf ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan I Gusti Ayu Agung Trisna Dewi, Kabag Ekonomi AA. Sagung Rosyawati dan jajaran.

Made Widiana menambahkan, untuk harga daging unggas berdasarkan pantauan di lapangan masih relatif stabil namun masih terjadi perbedaan di Pasar Kuta dan Pasar Jimbaran dengan selisih sebesar Rp2 ribu rupiah.

Ia juga memastikan pendistribusian pangan masih berjalan dengan lancar sehingga masyarakat dan pembeli diimbau agar tetap bijak salam membeli barang-barang kebutuhan dan terus mengikuti perkembangan harga.

“Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan dan harga kebutuhan pokok menjelang Galungan dan Kuningan. Mudah-mudahan semuanya aman dan tercukupi,” ungkap I Made Widiana.

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor : Budi Suyanto

Kantor Berita ANTARA