Pemkab Minahasa Belajar Pengelolaan Desa di Bali

Pemkab Minahasa berkunjung ke Bali. ANTARA/HO/Pemkab Minahasa

INFODENPASAR, Manado – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa belajar tentang pengelolaan desa di Bali, untuk diimplementasikan di desa-desa Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Kami mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Tabanan, Bali, khususnya Desa Beraban, Kecamatan Kediri yang menjadi pemenang juara lomba desa tingkat Provinsi Bali Tahun 2020,” kata Bupati Minahasa Royke Roring, di Tondano, Selasa (22/06/2021).

Dia mengatakan di Desa Beraban di mana terletak objek pariwisata terkenal, Tanah Lot mereka melihat bagaimana pengelolaan data di desa tersebut yang sudah dikelola dengan teknologi informasi demikian juga dengan tenaga pengelolanya yang memang sudah terampil.

“Dengan adanya data terpadu seperti ini di desa maka akan memudahkan aparat desa memberikan pelayanan kepada masyarakatnya,” jelas bupati.

Pada kesempatan itu, Royke menyampaikan selamat kepada Komang Gede Sanjaya yang berhasil memenangkan Pilkada serentak pada Bulan Desember 2020 dan belum lama ini dilantik sebagai Bupati Tabanan bersama Wakil Bupati, I Made Edi Wirawan. Komang Gede Sanjaya yang diusung PDI Perjuangan ini, sebelumnya menjabat Wakil Bupati Tabanan.

Bupati Royke Roring juga mengungkapkan dari hasil amatan ternyata potensi alam Kabupaten Minahasa mirip dengan Tabanan yang memiliki pantai, danau serta potensi di sektor pertanian yang besar.

Pemkab Minahasa, katanya, akan berupaya membangun daerahnya dan harus berdampak pada kesejahteraan masyarakat banyak.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Royke Sinaga

Kantor Berita ANTARA