Pemkab Tabanan Wujudkan Bank Sampah Bersinergi Dengan Warga Desa

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali Rai Wahyuni Sanjaya meluncurkan secara resmi Bank Sampah Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, di Wantilan, Selasa (22/2/22) (FOTO ANTARA/Pande Yudha)

INFODENPASAR, Tabanan – Pemerintah Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali mewujudkan bank sampah di daerah itu melalui sinergi dengan masyarakat desa sebagai upaya membantu masyarakat dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Terkait hal itu, Ketua TP PKK Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya meluncurkan secara resmi Bank Sampah Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, Tabanan di Wantilan, Selasa (22/02/2022).

Rai Wahyuni Sanjaya mengapresiasi semangat warga dalam membangun, apalagi menyangkut sampah dan kelestarian lingkungan.

“Ini tindakan yang sangat luar biasa sekali dalam mengurus masalah sampah. Kita ketahui bersama bahwa sampah merupakan sesuatu yang kotor, sesuatu yang bau juga. Tetapi jangan lupa, itu akan menjadi berkah kalau ditanggulangi dengan baik,” katanya.

Pihaknya berharap bank sampah di Selanbawak mampu menjadi contoh bagi desa-desa sekitar. Masalah sampah sangat mengkhawatirkan bukan hanya di Tabanan, tetapi di seluruh dunia. Untuk itu, pengelolaan sampah yang baik harus diterapkan di Kabupaten Tabanan.

Ia berpesan kepada masyarakat, agar mampu mengelola bank sampah ini dengan baik, sehingga nanti kedepannya, hasil yang didapatkan dari pengelolaan tersebut bukan hanya mampu mengurangi sampah tetapi juga mampu menyejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Perbekel Desa Selanbawak I Made Merta mengucapkan terimakasih. Kedepannya, pihak desa akan berkomitmen untuk selalu bergerak mengatasi masalah sampah.

“Kami telah membentuk tim dan merencanakan beberapa program bekerja sama dengan seluruh banjar di Desa Selanbawak. Nantinya ini yang akan bergerak di Banjar masing-masing untuk menyadarkan masyarakat agar dekat dengan sampah. Sampah tidak perlu ditakuti, mari kita kelola sampah agar menjadi berkah,” katanya.
 
Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor : Andi Jauhary

Kantor Berita ANTARA