Pemkot Denpasar Ajak Masyarakat Manfaatkan Bazar Pangan

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara saat meninjau pelaksanaan Bazar Pangan di Desa Sidakarya Denpasar, Jumat (23/9/2022). ANTARA/HO-Pemkot Denpasar.

INFODENPASAR, Denpasar – Pemerintah Kota Denpasar, Bali, mengajak masyarakat di kota setempat dapat memanfaatkan kegiatan Bazar Pangan untuk memperoleh bahan-bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau dibandingkan harga di pasaran.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar IB Mayun Suryawangsa di Denpasar, Jumat (23/09/2022), mengatakan kegiatan Bazar Pangan itu untuk membantu masyarakat mendapatkan harga yang lebih murah karena langsung mendatangkan produsen dan distributor.

“Kebetulan sekarang inflasi masih tinggi di atas 6 persen di Kota Denpasar, walaupun sudah menurun dibandingkan sebelumnya. Untuk itu kami terus mendorong pelaksanaan Bazar Pangan ini,” ujar Mayun Suryawangsa.

Disebutkan, Bazar Pangan kali ini dilaksanakan di Pura Mutering Jagat Dalem Sidakarya, Desa Sidakarya, Kota Denpasar dengan melibatkan 20 distributor dan produsen.

Menurut dia, kegiatan Bazar Pangan rutin dilaksanakan setiap tahun, yakni sebanyak 9 hingga 10 kali dalam satu tahun. Pelaksanaannya menjadi lebih sering menjelang hari besar keagamaan.

Hal ini, ujar Mayun, mengingat menjelang hari besar keagamaan harga kebutuhan pokok sering melambung tinggi.

“Pelaksanaannya digilir di masing-masing kecamatan dan hari ini berlangsung di Kecamatan Denpasar Selatan,” katanya.

Harga kebutuhan pokok yang dijual di Bazar Pangan relatif lebih murah dibandingkan harga di pasaran, seperti bawang merah dijual hanya Rp22 ribu per kilogram, minyak curah Rp13 ribu per liter, telur Rp47 ribu per krat dan beras Rp52 ribu per lima kilogram.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara juga ikut meninjau pelaksanaan Bazar Pangan dan menyatakan mendukung kegiatan ini, karena dapat menekan angka inflasi yang sekarang terjadi.

Selain itu, dapat membantu masyarakat mendapatkan harga pangan yang murah, karena pedagang yang berjualan langsung dari produsen dan distributor.

“Untuk itu, kami harapkan masyarakat harus memanfaatkan kegiatan ini, karena harganya benar-benar murah dan terjangkau dibandingkan harga di pasaran,” ucap Sagung Antari.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan bibit ikan dari Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar IB Mayun Suryawanga ke Pemangku Pura Mutering Jagat Dalem Sidakarya.


Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor : M Razi Rahman

Kantor Berita ANTARA